9 November 2023 10:52 am

Cara Mudah Mengatasi Pintu yang Susah Ditutup

Cara Mudah Mengatasi Pintu yang Susah Ditutup
Mungkin masih banyak yang belum tahu cara mengatasi pintu yang susah ditutup. Masalah seperti ini memang kerap terjadi pada sebagian orang. Bahkan masalah tersebut akan membuat resah karena tidak dapat menutup pintu dengan baik.

Pintu yang tidak bisa Anda tutup biasanya terjadi karena berbagai masalah. Misalnya saja seperti engsel yang mulai longgar, kait pintu yang tidak mau menempel, hingga kusen pintu yang tidak sesuai.

Permasalahan seperti ini akan membuat Anda merasa pusing, pasalnya harus mengecek satu persatu permasalahannya. Karena jika kita tidak tahu penyebabnya maka akan susah untuk mengatasi masalah tersebut.


Namun jangan khawatir, karena kami akan membahas tips secara lengkap. Anda dapat mengikuti tips berikut agar nantinya masalah pintu yang susah ditutup bisa teratasi dengan maksimal.

Cara Mengatasi Pintu yang Susah Ditutup


Pintu berguna untuk melindungi keluarga dan menjaga privasi keluarga. Dengan adanya pintu rumah yang kokoh, maka kita akan merasa lebih tenang. Namun bagaimana jadinya jika Anda mengalami kesulitan saat hendak menutup pintu?

Pintu yang susah ditutup bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Karena aktivitas Anda dapat terlihat oleh orang lain. Oleh sebab itulah Anda perlu mengatasinya dengan mengikuti beberapa tips yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Pemeriksaan Pintu


pemeriksaan pintu
pemeriksaan pintu
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pintu dengan cermat. Ini adalah langkah penting untuk menentukan penyebab masalah tersebut. Dengan pemeriksaan secara menyeluruh, maka Anda bisa tahu detail masalah pada pintu rumah yang Anda miliki.


a. Pemeriksaan Kusen dan Daun Pintu

Anda perlu memeriksa secara keseluruhan apakah ada kerusakan fisik pada pintu. Kerusakan ini misalnya saja seperti goresan atau ketidaksempurnaan pada permukaan pintu. Cek juga konstruksi pintu, apakah ada yang melengkung dan melebar atau tidak. Apabila ada kerusakan yang terlihat, Anda mungkin perlu melakukan perbaikan fisik terlebih dahulu.

b. Periksa Engsel Pintu

Setelah Anda memeriksa pintu secara keseluruhan, selanjutnya Anda perlu memeriksa bagian engsel. Seperti yang kita tahu, engsel pintu adalah bagian penting dalam fungsi pintu. Anda perlu memastikan engsel tidak aus, kendur, atau berkarat. Cek secara detail, jika engsel pintu dalam kondisi buruk, Anda perlu menggantinya.

2. Perbaikan Engsel Pintu


Secara umum, pintu yang tidak dapat ditutup disebabkan oleh kerusakan pada engsel. Nah engsel yang baik adalah kunci utama dalam menjaga pintu agar bisa Anda buka dan tutup dengan mudah. Ketika engsel pintu dalam kondisi buruk atau rusak, maka Anda perlu melakukan perbaikan dengan segera. Berikut beberapa tips dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki engsel pintu, antara lain.

a. Pelumasan Engsel

Anda perlu menggunakan pelumas khusus untuk engsel pintu. Pelumas ini akan membantu mengurangi gesekan dan membuat pintu lebih mudah dibuka dan ditutup. Penggunaan pelumas tersebut bisa Anda lakukan ketika engsel terlihat kering dan bunyi berdecit. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang bagus untuk engsel agar engsel dapat bergerak dengan lancar.


b. Perbaikan atau Penggantian Engsel

Jika engsel pintu telah aus atau rusak, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggantinya. Anda perlu memasang engsel pintu yang baru, kemudian pastikan pintu berfungsi dengan baik. Biasanya setelah penggantian engsel, maka pintu bisa tertutup dengan normal dan lancar.

3. Penyesuaian Kunci Pintu


Kunci pintu yang tidak sesuai dengan lubang kunci juga dapat membuat pintu susah ditutup. Masalah seperti ini akan membuat Anda kesal karena engsel dalam kondisi bagus tapi kunci pintu menjulur keluar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu melakukan penyesuaian kunci.

Anda dapat mencoba menyesuaikan kunci pintu agar sesuai dengan lubang kunci. Cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan memangkas ujung kunci atau bisa juga menggantinya dengan yang baru. Dengan demikian pintu rumah bisa berjalan dengan lancar dan normal tanpa terkendala.

4. Perawatan Rutin Pintu


Jika Anda telah melakukan tips di atas, sekarang Anda perlu melakukan perawatan pada pintu. Hal ini sangat berguna untuk mencegah pintu menjadi sulit ditutup. Perawatan rutin juga akan menjaga pintu Anda dalam kondisi baik.


Untuk melakukan perawatan pada pintu juga mudah sekali, Anda hanya perlu membersihkannya secara berkala. Anda perlu membersihkan pintu dari debu dan kotoran seminggu sekali atau dua minggu sekali. Saat membersihkan pintu, gunakanlah kain bersih agar nantinya pintu tetap bagus dan tetap terjaga.

Selain pembersihan, Anda juga perlu melakukan pengecatan pada pintu. Cobalah untuk mengecat bagian pintu yang mulai mengelupas atau rusak. Pengecatan ini bisa melindungi pintu dari berbagai masalah seperti kerapuhan maupun kerusakan. Selain itu, pengecatan pintu juga memungkinkan tampilan pintu tetap segar dan bagus.

Pintu Baja Fortress, Lebih Aman untuk Keluarga


pintu baja Fortress
pintu baja Fortress
Bagi Anda yang mencari pintu yang aman, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan pintu baja Fortress. Karena pintu yang satu ini memiliki tampilan yang super bagus dengan kekuatan luar biasa.

Fortress menjadi merk pintu baja terbaik di Indonesia yang mempunyai pintu bahan plat baja murni. Karena terbuat dari bahan baja, pintu yang satu ini jauh lebih kuat dan dapat melindungi keluarga dengan maksimal.


Pintu baja Fortress tidak mudah rusak dan bisa tahan hingga puluhan tahun. Bahkan pintu ini tidak akan memuai atau melengkung, sehingga pintu tersebut tetap aman untuk keluarga Anda.

Kami memiliki kantor yang berlokasi di daerah Tangerang, bagi warga Jabodetabek bisa mencoba datang ke kantor kami. Karena nantinya Anda bisa memperoleh pengalaman merasakan pintu baja secara langsung. Untuk Alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi sebagai berikut.

Alamat: Jl. Raya Binong Jl. Kp. Cijengir No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

WhatsApp: +62 821-7001-0763

Silahkan konfirmasi terlebih dahulu kehadiran Anda. Selain itu Anda juga bisa bertanya-tanya dan berkonsultasi terlebih dahulu terkait pintu baja Fortress. Kami nantikan kehadiran Anda di kantor ya!

Kesimpulan


Demikianlah cara mengatasi pintu yang susah ditutup yang bisa Anda coba sendiri. Silahkan gunakan beberapa tips di atas agar pintu Anda bisa tetap aman dan kuat. Jika ingin mencari produk pintu terbaik, maka gunakanlah pintu baja Fortress.

Kami menyediakan berbagai jenis pintu baja yang memiliki tampilan super indah. Selain itu, karena terbuat dari bahan baja maka pintu ini bisa tetap bagus dan kuat untuk melindungi keluarga Anda. Segera hubungi tim kami sekarang juga agar nantinya bisa memperoleh keamanan maksimal di dalam rumah.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Perusahaan penyedia pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.