8 November 2023 3:09 pm

Apakah Pintu Baja Karatan? Begini Penjelasannya

Apakah Pintu Baja Karatan? Begini Penjelasannya
Mungkin banyak yang penasaran apakah pintu baja karatan atau tidak. Pintu baja adalah salah satu inovasi produk dalam rumah atau bangunan. Jenis pintu yang satu ini menghadirkan perlindungan, keamanan, dan estetika untuk penggunanya.

Hanya saja jenis pintu yang satu ini memiliki isu terkena karat. Namun sebelum membahas lebih dalam terkait pintu ini, Anda perlu tahu detail dari pintu ini. Jadi pintu baja merupakan pintu yang terbuat dari bahan plat baja.

Karena terbuat dari bahan logam baja, sehingga pintu ini jauh lebih kuat, awet, dan tahan lama. Biasanya pintu baja banyak digunakan untuk pintu rumah sakit, pintu rumah, pintu gerbang, pintu garasi, dan lainnya.


Banyak sekali masyarakat yang menggunakan pintu baja karena lebih tahan terhadap cuaca, kebisingan, dan potensi peretasan. Anda perlu mempertimbangkan penggunaan pintu ini di rumah agar terasa lebih aman dan awet.

Apakah Pintu Baja Bisa Berkarat?


Karat adalah musuh bagi material logam seperti besi dan baja. Lantas bagaimana dengan pintu baja, apakah bisa terkena karat? Secara umum pintu baja telah dilapisi oleh cairan khusus anti karat.

Namun tidak menutup kemungkinan pintu baja terkena karat. Pintu yang satu ini bisa saja terkena karat jika terkena air secara terus menerus. Bahkan jika berada di tempat yang lembab, pintu ini juga gampang berkarat.

Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakan pintu baja di rumah. Anda dapat memakai pintu tersebut sebagai pintu utama rumah agar nantinya bisa lebih kuat dan tahan lama. Terlebih lagi jika Anda melakukan perawatan secara rutin, maka bisa lebih tahan lagi.


Pintu baja bisa saja awet hingga puluhan tahun jika Anda menggunakannya dengan benar. Apalagi saat Anda memakai pintu baja Fortress, maka bisa mendapatkan ketahanan dan keawetan produk yang luar biasa.

Penyebab Karat pada Pintu Baja


Karat pada sebuah pintu tentu memiliki penyebab tersendiri. Anda harus mengetahui penyebab tersebut agar nantinya bisa menjaga pintu yang Anda miliki dari kerusakan akibat karat. Berikut kami telah merangkum penyebab dari karat pada pintu baja secara umum, antara lain.

1. Paparan Air dan Kelembaban


Air memang menjadi musuh alami logam besi dan baja. Karena besi dan baja yang terpapar air setiap hari akan mudah terkena karat. Apalagi produk pintu baja yang terkena air lalu terpapar oksigen, maka bisa terjadi proses karat pada permukaan pintu. Jika Anda memiliki pintu baja, sebaiknya hindari terkena air agar pintu bisa tetap awet.

2. Garam dan Korosi


Secara umum, pintu baja yang terpasang di lingkungan pesisir pantai akan mudah terkena karat. Hal ini karena terdapat garam laut dan lingkungan laut yang bisa merusak permukaan pintu baja. Korosi pada pintu tidak akan bisa terhindarkan jika terlalu lama terkena air garam atau udara air laut.


3. Benturan Fisik


Biasanya saat pintu baja terbentur oleh benda yang keras, maka akan meninggalkan jejak pada bagian pintu. Hal ini karena benturan tersebut dapat merusak lapisan pelindung anti karat pada permukaan pintu. Sehingga logam baja akan terbuka dan bersinggungan langsung dengan oksigen yang membuatnya terkena karat.

Cara Menghindari atau Mengatasi Karat pada Pintu Baja


Setelah mengetahui beberapa penyebab pintu baja berkarat, sekarang Anda perlu mengetahui cara mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi masalah karat pada pintu baja sangat mudah sekali, Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

1. Lakukan Perawatan Rutin


Periksa pintu baja yang Anda miliki secara berkala. Pastikan tidak ada goresan atau kerusakan pada lapisan pelindungnya. Kemudian jika terdapat karat maka sebaiknya bersihkan dengan segera. Anda wajib membersihkan karat tersebut agar korosi tidak menyebar ke seluruh permukaan pintu baja.


2. Beri Lapisan Anti-Karat


Selanjutnya Anda dapat melapisi pintu baja Anda dengan pelapisan anti-karat. Cara ini berguna untuk melindungi permukaan pintu baja dari elemen korosif. Sehingga pintu tersebut tidak akan terkena karat sama sekali. Anda perlu memilih produk anti karat yang sesuai dan bagus, agar pintu tetap bagus dan keren.

3. Lakukan Pengecatan Ulang


Anda juga perlu melakukan pengecatan ulang apabila terdapat karat pada pintu baja yang Anda miliki. Gunakanlah cat yang memiliki sifat anti karat, agar pintu tersebut terlindungi dari berbagai ancaman karat. Anda perlu memilih cat dengan warna mirip dengan warna pintu. Sehingga nantinya bisa tetap bagus dan elegan untuk Anda.

4. Kontrol Kelembaban


Pertimbangkan penggunaan dehumidifier atau sistem pengontrol kelembaban untuk mengurangi kelembaban di dalam ruangan. Jika kelembaban di ruangan Anda dapat terjaga, maka pintu bisa lebih awet. Anda juga bisa memperoleh produk yang lebih awet dan tahan lama.


Kesimpulan


Pintu baja dapat berkarat, tetapi dengan perawatan dan tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko ini. Jika karat sudah muncul, Anda dapat mengikuti tips di atas agar dapat mengatasi masalah tersebut.

Bagi Anda yang mencari produk pintu terbaik, Anda bisa menggunakan pintu baja Fortress yang sudah terkenal unggul dan kuat. Pintu Fortress juga telah dilapisi dengan lapisan anti karat serta cat yang tahan karat.

Hal ini memungkinkan produk Fortress bisa lebih aman dan awet untuk Anda gunakan di dalam rumah. Jangan sungkan untuk menghubungi tim kami agar nantinya Anda bisa mendapatkan produk terbaik untuk rumah.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.