4 November 2023 10:46 am

Pelumas Engsel Pintu: Jenis, Penggunaan, dan Manfaatnya

Pelumas Engsel Pintu: Jenis, Penggunaan, dan Manfaatnya
Komponen pintu memang cukup banyak sekali, mulai dari bagian daun pintu, kusen pintu hingga engsel pintu. Bagian engsel pintu menjadi komponen yang super penting, mengingat komponen tersebut berguna untuk melancarkan buka tutup pintu.

Dengan adanya engsel pintu, maka pintu Anda dapat terbuka dan tertutup dengan mudah. Bagian engsel ini umumnya akan melekat antara daun pintu dan kusen pintu. Karena itulah, perawatan pada engsel juga sangat diperlukan sekali.

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan yakni memberikan pelumas pada engsel. Hal ini bertujuan agar perputaran engsel bisa lebih lancar dan tidak terjadi masalah saat membuka pintu.

Sekilas Tentang Pelumas Engsel Pintu


Seperti yang telah kami sampaikan, pelumas engsel merupakan sebuah produk yang berguna untuk melumasi komponen engsel. Produk yang satu ini digunakan agar esekan bagian engsel bisa lebih mulus.


Hal ini memungkinkan engsel lebih lancar bergerak dan terhindar dari bunyi berdecit yang mengganggu. Bahkan dengan adanya pelumas engsel, maka bisa memberikan perlindungan ekstra untuk engsel.

Nantinya engsel pintu Anda bisa lebih awet dan tidak mudah rusak. Apalagi biasanya engsel pintu terbuat dari bahan logam, sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah karat.

Tetapi dengan adanya pelumas ini, komponen engsel bisa terhindar dari masalah karat yang membandel. Anda perlu memakai produk pelumas engsel yang tepat agar nantinya bisa memperoleh keamanan maksimal pada pintu.

Jenis Pelumas Engsel Pintu


Sebenarnya terdapat beberapa jenis pelumas engsel pintu yang tersedia di pasaran. Anda perlu memilih produk pelumas yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan engsel rumah. Berikut beberapa jenis pelumas engsel untuk pintu yang bisa Anda gunakan antara lain:


1. Pelumas Semprot


Jenis yang pertama adalah pelumas semprot, produk yang satu ini memungkinkan Anda untuk menyemprotkan produk pada bagian engsel pintu. Sehingga nantinya kotoran dan karat bisa menghilang dari engsel. Penggunaan pelumas jenis ini tentu lebih mudah, karena Anda hanya perlu menyemprot pada bagian engsel secara merata.

2. Pelumas Berbentuk Gel


Selain pelumas semprot, terdapat juga pelumas yang berbentuk gel. Jenis pelumas seperti ini berbentuk gel dan biasanya lebih banyak digunakan untuk engsel pintu yang membutuhkan pelumasan intens. Pelumas berbentuk gel tidak akan mudah tumpah, untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan pelumas gel tersebut pada bagian engsel yang membutuhkan pelumasan. Dengan begitu pintu Anda bisa bergerak lebih lancar.

3. Pelumas Berbasis Minyak


Sesuai namanya, jenis pelumas seperti ini mengandung minyak sebagai bahan utamanya. Jenis pelumas seperti ini memungkinkan komponen engsel dapat terlumasi dengan baik. Hal ini karena pelumas minyak bisa menutupi semua permukaan engsel pintu tanpa terkendala. Hanya saja pelumas ini terkadang memiliki bau yang kurang sedap, sehingga Anda perlu memperhatikan poin ini sebelum membelinya.


4. Pelumas Berbasis Silikon


Tidak hanya pelumas minyak, pada pelumas silikon juga menggunakan bahan utama silikon sebagai pelumas. Umumnya pelumas jenis ini memiliki perlindungan yang tahan lama dan bisa melumasi semua bagian engsel secara menyeluruh. Bahkan pelumas ini juga cocok untuk digunakan di lingkungan yang cukup ekstrim.

Cara Melumasi Engsel Pintu


Secara umum untuk melumasi engsel tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu memberikan pelumas pada bagian engsel yang telah disiapkan. Secara umum ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan dalam melumasi engsel pintu, berikut kami telah merangkum detail tutorialnya antara lain:

1. Persiapan Alat dan Bahan


Langkah pertama Anda perlu mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Misalnya saja Anda bisa menyiapkan pelumas yang hendak digunakan.

2. Bersihkan Engsel


Selanjutnya Anda perlu membersihkan engsel pintu terlebih dahulu yang hendak Anda lumasi. Untuk membersihkan engsel, Anda bisa menggunakan sikat atau kain lap, jangan lupa untuk memakai sarung tangan agar Anda dapat terlindungi. Pastikan engsel telah bersih sebelum Anda masuk ke langkah selanjutnya.


3. Aplikasikan Pelumas


Langkah berikutnya Anda perlu memberikan pelumas pada bagian engsel pintu. Gunakanlah pelumas secara menyeluruh dengan benar agar nantinya pintu bisa bergerak secara lancar. Misalnya saja jika Anda memakai pelumas semprot, maka perlu menyemprotkan secara keseluruhan. Sementara jika memakai pelumas minyak, maka bisa meneteskan pelumas tersebut secara menyeluruh.

4. Perawatan Berkala


Apabila Anda telah memberikan pelumas secara menyeluruh, maka Anda perlu melakukan perawatan secara berkala pada engsel. Pastikan pelumas tersebut tidak kering ya, agar nantinya engsel bisa tetap bagus dan kondisinya tetap terjaga. Dalam perawatan, Anda juga perlu membersihkan dan melakukan perawatan secara berkala. Sehingga engsel pintu tidak cepat rusak.

Manfaat Penggunaan Pelumas Engsel Pintu


engsel pintu
engsel pintu
Penggunaan pelumas tentunya akan memberikan manfaat tersendiri untuk engsel pintu Anda. Manfaat ini bisa Anda peroleh dengan maksimal ketika memakai produk pelumas yang bagus. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan produk pelumas, antara lain.


1. Mengurangi Gesekan


Penggunaan pelumas tentu bertujuan untuk mengurangi gesekan pada engsel pintu. Karena engsel pintu rumah bekerja dengan bergesekan satu sama lain, sehingga dengan adanya pelumas maka pergerakan engsel bisa lebih lancar. Anda juga lebih mudah untuk membuka dan menutup pintu tanpa mengalami kesulitan apapun.

2. Tetap Diam dan Tidak Berisik


Biasanya engsel yang tidak terlumasi dengan baik akan mengeluarkan bunyi berdecit yang mengganggu. Hal ini tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman, pasalnya akan terdengar kurang nyaman saat membuka pintu. Dengan adanya pelumas engsel, maka pintu Anda akan terhindar dari masalah pintu bunyi.

3. Mencegah Kerusakan


Pelumas engsel juga berguna untuk mencegah kerusakan pada bagian engsel dan rangka pintu. Bahkan dengan adanya pelumas ini bisa mengurangi kerusakan lantai yang disebabkan oleh pergerakan pintu yang tidak lancar.


4. Memperpanjang Umur Engsel


Pelumasan engsel juga merupakan salah satu cara perawatan pintu rumah. Hal ini tentu akan memperpanjang umur engsel pintu rumah Anda. Bahkan nantinya Anda bisa lebih menghemat biaya untuk penggantian engsel. Karena itulah penggunaan pelumas ini begitu penting untuk rumah Anda.

Kesimpulan


Pelumas engsel pintu menjadi bagian yang sangat penting untuk merawat pintu rumah. Ada banyak sekali jenis pelumas yang bisa Anda gunakan, bahkan Anda juga bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari penggunaan pelumas tersebut.

Jika Anda membutuhkan produk pintu yang minim perawatan, maka Anda bisa menggunakan produk pintu baja Fortress. Karena produk Fortress memiliki kekuatan yang bagus dengan ketahanan luar biasa.


Fortress menyajikan pintu dengan fitur super lengkap yang dapat memudahkan Anda dalam merawat pintu rumah. Anda hanya perlu membersihkan pintu secara rutin dan memberi pelumas pada bagian engsel.

Perawatan yang simpel seperti ini memungkinkan Anda untuk lebih simpel dan tenang. Anda tidak perlu ribet melakukan perawatan yang rumit dan tentunya akan merasa terlindungi dengan baik.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.