31 Oktober 2023 9:58 am

Cara Memperbaiki Engsel Pintu Kamar Mandi Plastik Rusak

Cara Memperbaiki Engsel Pintu Kamar Mandi Plastik Rusak
Ketika engsel pintu kamar mandi plastik rusak, mungkin sebagian besar orang akan panik. Karena pintu tersebut tidak dapat tertutup dengan sempurna, sehingga khawatir akan ada orang yang tiba-tiba masuk ke dalamnya.

Kamar mandi menjadi salah satu tempat yang sangat penting dalam rumah. Karena tempat ini berguna untuk membersihkan badan yang telah kotor karena paparan debu dan kotoran. Tempat ini pun memiliki pintu yang umumnya terdapat engsel untuk menggerakkannya.

Hanya saja terkadang engsel pintu kamar mandi plastik dapat mengalami kerusakan. Sehingga sebagian orang akan langsung panik serta mencoba memperbaikinya. Sebelum memperbaiki engsel tersebut, hendaknya Anda tahu apa saja yang menyebabkan engsel jadi rusak.


Penyebab Kerusakan pada Engsel Pintu Kamar Mandi Plastik


Engsel pintu yang rusak tentu memiliki banyak sebab. Anda perlu mengetahui penyebabnya satu persatu agar bisa mengatasi masalah tersebut dengan segera. Tercatat ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada engsel pintu kamar mandi plastik, antara lain.

1. Pemakaian Terlalu Kasar


Pintu kamar mandi di rumah Anda mungkin sering digunakan setiap hari. Karena terlalu sering digunakan, biasanya akan mengalami masalah pada bagian engsel. Apalagi jika Anda memakai pintu kamar mandi dengan kasar atau terlalu keras, tentunya akan membuat engsel jadi cepat rusak. Bisa saja engsel tersebut mengalami retak, pecah, atau bahkan sampai patah.

2. Kualitas Bahan yang Rendah


Engsel pintu kamar mandi plastik yang berkualitas rendah mungkin cenderung lebih rapuh dan mudah rusak. Apalagi biasanya engsel seperti ini tidak tahan lama, sehingga bisa rusak kapanpun waktunya. Sebaiknya perhatikan kualitas bahan pada pintu dan engsel, agar Anda tidak menyesal saat membeli pintu tersebut.


3. Kondisi Lingkungan


Pintu kamar mandi plastik umumnya terbuat dari bahan PVC yang tahan air. Namun jika terkena air secara terus-menerus dan terkena suhu yang ekstrim, maka akan cepat rusak. Walaupun mungkin kerusakannya bisa bertahap, mulai dari retakan kecil, perubahan bentuk, atau hingga patahnya engsel.

Cara Memperbaiki Engsel Pintu Kamar Mandi Plastik Rusak


ilustrasi engsel dan kunci pintu
ilustrasi engsel dan kunci pintu
Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab dari engsel pintu yang rusak, sekarang Anda perlu memperbaikinya dengan segera. Untuk memperbaiki engsel tersebut sebenarnya mudah saja kok, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

1. Periksa Kerusakan


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kerusakan pada engsel. Anda perlu mengecek dengan detail kerusakan tersebut, apakah hanya ada retakan kecil atau kerusakan besar. Pada langkah ini, sebaiknya cek dengan teliti detail kerusakan tersebut, jangan sampai Anda melewatkan hal terkecil yang berakibat fatal.

2. Bersihkan Area Kerusakan


Apabila ada noda kotor pada pintu dan area yang rusak, maka silahkan bersihkan terlebih dahulu. Anda dapat memakai pembersih yang cocok untuk plastik, lalu pastikan area tersebut benar-benar bersih. Pastikan Anda membersihkannya secara perlahan, agar kerusakan engsel tersebut tidak terlalu fatal.


3. Gunakan Perekat Plastik Khusus


Secara umum, produk yang berbahan plastik dapat menempel dan merekat dengan mudah ketika kita memberinya lem. Engsel pintu plastik juga demikian, Anda bisa menempelkannya dengan mudah menggunakan lem khusus. Silahkan gunakan lem khusus yang sesuai dengan engsel tersebut. Hati-hati saat memberikan lem agar engsel bisa tertempel dengan aman.

4. Ganti dengan yang Baru


Terakhir, Anda perlu memanggil tukang profesional untuk mengganti engsel pintu dengan yang baru. Hal ini bisa Anda lakukan apabila engsel tersebut tidak bisa digunakan lagi. Karena bagaimanapun juga akan sangat percuma mempertahankan engsel yang telah rusak. Engsel tersebut akan tetap rusak dan hancur seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan


Merawat dan memperbaiki engsel pintu kamar mandi plastik yang rusak bukanlah hal yang sulit. Anda dapat memperbaiki pintu tersebut dengan mengikuti tips yang kami sajikan di atas. Nah jika Anda ingin mendapatkan pintu kamar mandi yang bagus dan kuat, maka gunakanlah pintu Fortress.


Pintu Fortress menyajikan beberapa pintu yang bagus untuk kamar mandi, misalnya seperti pintu aluminium dan pintu PVC. Kedua jenis pintu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pintu kamar mandi yang kuat dan tangguh.

Pintu aluminium dan PVC yang Fortress miliki terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak khawatir dengan adanya kerusakan pada pintu tersebut. Fortress, smart door, smart lock, smart life.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Perusahaan penyedia pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.