3 November 2023 10:06 am

Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Memuai dengan Mudah Tanpa Tukang

Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Memuai dengan Mudah Tanpa Tukang
Pengguna pintu rumah mungkin akan bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi pintu yang memuai. Karena biasanya pintu kayu di rumah sering mengalami pemuaian yang membuatnya jadi susah untuk ditutup.

Selain itu pemuaian pada pintu akan membuat pintu rumah jadi susah dikunci. Hal ini tentunya membuat sebagian orang khawatir, mengingat pintu susah menutup dengan rapat. Selain itu keamanan keluarga juga akan terancam.

Sebelum Anda memperbaiki pintu tersebut Anda perlu mengetahui detail penyebabnya. Agar nantinya Anda bisa mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada pintu rumah yang Anda miliki.

Apa Itu Pemuaian pada Pintu?

Secara umum, pemuaian merupakan sebuah peristiwa memuainya suatu benda akibat pemanasan maupun kelembaban. Pemuaian ini akan membuat sebuah benda tersebut jadi memanjang, melebar, atau bahan meninggi.

Sehingga ukuran benda tersebut tidak sesuai dengan ukuran sebelumnya. Nah pintu rumah yang memuai juga demikian, umumnya akan melebar atau bahkan melengkung. Pemuaian pada pintu adalah sebuah fenomena produk pintu kayu yang mengalami pelebaran ukuran maupun pemanjangan.

Proses pemuaian ini sering terjadi ketika cuaca sedang hujan dan membuat bahan kayu jadi melebar dengan sendirinya. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan masalah serius seperti masalah pintu susah ditutup hingga masalah daun pintu cepat rusak.

Anda tentu harus berhati-hati ketika terjadi masalah seperti ini. Sebaiknya cobalah untuk melakukan tindakan khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum itu, pastikan Anda mengetahui penyebab pintu memuai terlebih dahulu.

Kenali Beberapa Penyebab Pintu Rumah Memuai


Setelah Anda mengetahui konsep pemuaian, sekarang Anda perlu tahu penyebabnya. Tercatat ada beberapa penyebab pintu rumah memuai, antara lain:

1. Cuaca Ekstrem


Secara umum pintu yang memuai merupakan pintu kayu. Bahan kayu bisa menyerap air dan bisa terkena lembab, sehingga terkadang bisa membengkak atau memuai. Apalagi di Indonesia yang memiliki cuaca hujan dan panas, ketika terjadi cuaca ekstrem, maka akan lebih mudah untuk terkena pemuaian.

2. Kualitas Material Rendah


Kayu yang digunakan untuk membuat pintu sebenarnya cukup beragam, misalnya saja ada jenis kayu mahoni, kayu jati, dan lainnya. Nah apabila pintu Anda terbuat dari bahan yang kurang berkualitas, maka pintu tersebut dapat memuai kapanpun waktunya. Jika seperti ini, sebaiknya pilih bahan yang bagus untuk membuat pintu rumah, agar Anda bisa terhindar dari masalah pemuaian pintu.

3. Proses Pemasangan


Ternyata proses pemasangan pintu juga sangat berpengaruh terhadap pemuaian pintu loh. Ketika Anda memasang pintu secara asal-asalan dan terlalu kencang, maka bisa saja akan terjadi pemuaian yang membuatnya jadi rusak. Anda perlu memasang pintu dengan hati-hati agar nantinya bisa lebih terhindar dari masalah pemuaian pintu.

Cara Mengatasi Pintu yang Memuai dengan Mudah


ilustrasi pintu
ilustrasi pintu
Pintu yang memuai memang sangat merepotkan, Anda jadi merasa ribet karena pintu tidak bisa menutup dengan rapat. Oleh karena itulah, Anda perlu mengatasi permasalahan tersebut dengan segera. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah pintu memuai. Berikut kami telah merangkum beberapa cara yang dapat Anda terapkan antara lain.

1. Jemur Daun Pintu


Ketika pintu kayu mengembang, Anda perlu menjemur daun pintu rumah. Hal ini berguna agar kadar air di dalam pintu bisa berkurang. Anda dapat menjemurnya dibawah terik sinar matahari, kemudian jemur hingga benar-benar kering selama beberapa hari. Cara ini mengharuskan Anda untuk membongkar dan memasang pintu secara manual. Mungkin Anda akan kerepotan dengan hal tersebut.

2. Serut Daun Pintu


Jika Anda telah menjemur pintu tersebut dan masih tidak sesuai ukuran, maka Anda perlu menyerut daun pintu. Hal ini berguna agar daun pintu bisa tetap sesuai ukuran serta tidak ada yang mengganjal. Pastikan Anda menyerut bagian yang mengganjal agar nantinya bisa lebih sesuai ukuran kusen pintu rumah.

3. Gunakan Cat Minyak


Cat minyak memang dapat berguna untuk memberikan perlindungan pada pintu kayu. Hal ini karena pintu rumah akan lebih tahan terhadap cipratan air dan tahan terhadap berbagai susu ekstrem. Pintu yang telah Anda lapisi dengan cat minyak juga akan lebih terlindungi dari kelembaban. Sehingga nantinya pintu tersebut bisa terhindar dari pemuaian dan kerusakan berlebih.

4. Beri Rongga Antara Daun Pintu dan Kusen


Secara umum, pintu yang memuai akan bertambah panjang atau lebar. Ketika pintu Anda tiba-tiba memuai, maka akan susah untuk dibuka atau menutup pintu tersebut dengan rapat. Sebaiknya beri rongga antara daun pintu dengan kusen, agar nantinya saat terjadi pemuaian pintu tersebut masih bisa Anda tutup dengan rapat.

5. Lakukan Perawatan Secara Berkala


Tidak dapat dipungkiri bahwa perawatan pada pintu akan menghasilkan produk yang awet dan tahan lama. Tanpa adanya perawatan pintu, maka pintu Anda akan cepat rusak dan mungkin gampang terkena rayap. Bahkan jika terkena suhu ekstrim, pintu rumah bisa memuai. Oleh sebab itu jangan sungkan untuk melakukan perawatan maksimal agar Anda bisa merasa lebih tenang dan pintu tetap awet.

6. Gunakan Pintu Baja Fortress


Terakhir, Anda perlu menggunakan pintu baja Fortress agar terhindar dari pintu yang memuai. Pintu Fortress sudah terjamin kualitas dan ketahanannya, bahkan pintu ini tidak akan bisa memuai sama sekali.

Hal ini karena material baja yang Fortress gunakan sangat kuat. Material tersebut sangat tahan terhadap suhu panas maupun dingin, sehingga tidak akan memuai. Anda bisa memakai pintu baja Fortress untuk menjaga keamanan rumah agar nantinya tidak perlu gonta-ganti pintu lagi.

Fortress menyediakan pintu yang super kuat, awet, dan aman untuk keluarga. Banyak sekali produk pintu Fortress dengan model yang berbeda. Anda bisa memilih sendiri produk pintu dengan modell tertentu agar nantinya bisa memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan


Demikianlah cara mengatasi pintu yang memuai yang dapat Anda terapkan sendiri. Silahkan ikuti tips tersebut agar nantinya pintu Anda bisa normal kembali. Jika tidak ingin ribet, gunakanlah pintu baja Fortress agar pintu tidak cepat memuai.

Fortresss menyajikan pintu baja yang super aman untuk keluarga Anda, karena bahan baja super kuat dan lebih awet. Selain itu pintu baja Fortress juga telah dilengkapi dengan sistem lima titik pengunci yang super aman untuk melindungi keluarga di rumah.

Saat Anda menggunakan Fortres pintu baja, maka akan terhindar dari masalah pintu memuai dan terkena rayap. Segera lindungi keluarga dengan pintu Fortress, keluarga merasa aman, nyaman, dan tetap tenang berada di rumah.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.