9 November 2023 11:57 am

Perbandingan Kusen Baja Ringan Vs Aluminium, Mana yang Terbaik?

Perbandingan Kusen Baja Ringan Vs Aluminium, Mana yang Terbaik?
Perbandingan pintu dengan kusen baja ringan Vs aluminium memang perlu Anda ketahui. Agar nantinya bisa mendapatkan perbandingan yang jelas dan dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Baja ringan dan aluminium merupakan dua pilihan bahan yang populer untuk bingkai atau kusen jendela dan pintu. Setiap bahan tentu saja memiliki sejumlah kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan penggunaan bahan ini sebelum membelinya. Bagi Anda yang belum tahu tentang kedua produk ini, Anda perlu menyimaknya hingga selesai.


Perbandingan Pintu Dengan Kusen Baja Ringan Vs Aluminium


Sebelumnya Anda perlu tahu, kusen baja ringan atau bingkai baja ringan merupakan sebuah produk kusen pintu dan jendela yang terbuat dari baja ringan. Umumnya produk ini memiliki kekuatan yang bagus dengan ketahanan yang luar biasa. Jenis bahan ini sangat umum digunakan dalam bangunan hunian dan komersial.

Sementara kusen aluminium merupakan sebuah kusen yang terbuat dari bahan logam aluminium. Umumnya bahan ini jauh lebih ringan dan tahan terhadap air. Tak heran jika banyak sekali orang yang menggunakan bahan ini untuk desain kontemporer.

Kedua bahan logam ini sebenarnya punya kelebihan masing-masing. Namun banyak sekali perbedaan dari kedua produk tersebut. Berikut kami telah merangkum perbandingan antara kusen pintu baja ringan dengan kusen pintu aluminium di bawah ini.

1. Kekuatan dan Daya Tahan


Kusen Baja Ringan terkenal akan kekuatan dan daya tahannya. Rangka yang satu ini tahan terhadap rayap dan hama lainnya. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan yang tahan lama untuk kusen jendela dan pintu. Bahkan jenis bahan ini dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, sehingga cocok sekali digunakan di Indonesia.


Sedangkan untuk bingkai aluminium memiliki bobot yang sangat ringan namun tetap kuat. Aluminium juga tahan terhadap korosi, sehingga sangat ideal untuk daerah pesisir yang rawan dengan paparan air laut.

2. Pertimbangan Biaya


Salah satu keunggulan utama dari Kusen Baja Ringan adalah harganya yang terjangkau. Tak mengherankan jika banyak sekali rumah yang memakai material baja ringan. MIsalnya seperti usuk baja ringan hingga pintu dan kusen baja ringan.

Kusen aluminium cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Kusen Baja Ringan. Meskipun bahan ini menawarkan daya tahan yang bagus, tetapi Anda perlu mempertimbangkan anggaran dalam proyek yang Anda tangani.

3. Dampak Lingkungan


Dari segi dampak lingkungan, kusen baja ringan dan aluminium sama-sama dapat didaur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan. Kedua bahan ini bisa Anda gunakan kembali ketika melakukan pindah rumah. Selain itu, kedua logam tersebut juga bisa Anda gunakan kembali tanpa kehilangan kualitasnya.


4. Estetika dan Opsi Desain


Soal desain, kusen baja ringan memiliki tampilan yang cukup bagus dengan desain yang beragam. Anda dapat menemukan pintu dan kusen baja dengan tampilan minimalis dan motif yang keren. Salah satu produk pintu yang bisa Anda pilih yakni pintu baja Fortress.

Kusen aluminium dikenal karena penampilan ramping dan modernnya. Bahan yang satu ini menawarkan berbagai opsi desain dan finishing. Misalnya saja seperti model pintu dengan kaca, pintu dengan kombinasi bentuk, dan lain sebagainya.

5. Pemeliharaan dan Durability


Pemeliharaan bingkai Kusen Baja Ringan dan aluminium sama-sama sangat mudah. Anda hanya perlu merawat bagian daun pintu, engsel, dan membersihkannya agar kondisi tetap bagus. Hal ini membuat kedua bahan tersebut sangat cocok untuk jangka panjang bagi pemilik rumah dan pembangun.

Kesimpulan


Dari perbandingan pintu dengan kusen baja ringan Vs aluminium, Anda pilih yang mana? Pastikan untuk menentukan pilihan dengan teliti ya. Jika Anda bingung, Anda bisa mencoba pintu baja Fortress untuk rumah.


Pintu baja Fortress terbuat dari bahan plat baja murni tanpa sambungan yang membuatnya jadi lebih kuat, awet, dan tahan lama. Anda perlu memakai pintu ini untuk melindungi keluarga di rumah agar tetap aman.

Fortress menyajikan produk pintu dengan berbagai motif dan jenis. Hal ini memungkinkan produk pintu tersebut bisa Anda sesuaikan dengan desain di rumah. Anda dapat mengunjungi kantor kami di Tangerang.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi tim kami untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Silahkan tanyakan saja apa permasalahan Anda agar nantinya Anda bisa memperoleh jawaban dari kegundahan yang Anda alami. Berikut alamat lengkap dan nomor telepon yang bisa Anda hubungi.

Alamat: Jl. Raya Binong Jl. Kp. Cijengir No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

WhatsApp: +62 821-7001-0763
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.