27 Oktober 2023 1:36 pm

Jenis Architrave Pintu yang Harus Anda Ketahui

Jenis Architrave Pintu yang Harus Anda Ketahui
Architrave pintu menjadi bagian yang penting dalam pintu rumah Anda. Karena benda yang satu ini bisa memberikan nilai estetika tersendiri untuk rumah. Bahkan dengan adanya architrave, maka pintu rumah bisa tampil lebih indah.

Bagi Anda yang belum tahu, architrave pintu merupakan sebuah elemen yang mengelilingi kusen pintu. Benda ini terletak di bagian atas, samping kanan, dan samping kiri yang umumnya memiliki fungsi untuk menopang kepala pintu dan memberikan dukungan struktural.

Biasanya, architrave lebih banyak digunakan sebagai elemen dekoratif. Anda akan menemukan architrave yang memiliki hiasan dengan ukiran, pahatan, atau ornamen lainnya. Karena memang fungsi utama dari architrave yakni untuk memberikan keindahan pada pintu rumah.

Bahan untuk membuat architrave pun cukup beragam, ada yang terbuat dari bahan kayu, batu, hingga logam.Setiap architrave dengan berbagai bahan ini memiliki tampilan dan ukiran yang berbeda-beda.

Jenis-jenis Architrave Berdasarkan Bahannya


Beberapa masyarakat Indonesia juga menyebut benda yang satu ini dengan nama lis pintu. Sebenarnya sama saja sih, hanya penyebutannya saja yang berbeda. Apapun namanya, fungsi tetap sama, yakni memberikan keindahan untuk pintu rumah.

Architrave pintu memiliki berbagai jenis tersendiri, berdasarkan bahannya terdapat tiga jenis architrave yang perlu Anda ketahui. Beberapa jenis dari architrave tersebut telah kami rangkum sebagai berikut.

1. Architrave Kayu


Pertama ada jenis architrave yang terbuat dari bahan kayu. Jenis yang satu ini mungkin paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Umumnya architrave kayu terbuat dari bahan seperti kayu jati, mahoni, atau pinus.

Kayu-kayu tersebut memiliki motif tersendiri yang membuatnya tampak lebih bagus. Karena nantinya saat dibentuk menjadi architrave, maka serat kayu alami akan muncul. Hal inilah yang membuatnya jauh lebih bagus ketimbang kayu jenis lain.

2. Architrave Batu


Selain kayu, ada juga architrave yang terbuat dari bahan batu. Jenis yang satu ini tentunya memiliki ketahanan yang lebih baik ketimbang architrave dari bahan kayu. Bahan batu yang umumnya banyak digunakan adalah granit atau marmer.

Jika kita perhatikan dari segi harga, tentunya harga harga architrave batu jauh lebih mahal ketimbang bahan lain. Hal ini karena untuk mendapatkan batuan tersebut perlu proses yang panjang dan lama. Tetapi untuk kualitasnya tentu tidak perlu ditanyakan lagi.

3. Architrave Logam


Terakhir ada architrave logam yang biasanya terbuat dari bahan baja maupun aluminium. Jenis yang satu ini jauh lebih kuat dan tahan lama serta memiliki keindahan yang sangat bagus untuk pintu rumah.

Anda bisa menggunakan architrave jenis ini apabila pintu dan kusen yang Anda gunakan terbuat dari bahan baja. Sehingga nantinya pintu Anda akan tampak lebih indah dan tentunya memiliki kekuatan yang maksimal.

Architrave Pada Pintu Baja Fortress


pintu baja Fortress
pintu baja Fortress
Sebelumnya Anda telah menyimak beberapa jenis dari architrave pintu, sekarang Anda perlu menyimak produk architrave yang bagus. Produk yang bagus bisa Anda dapatkan dari merk Fortress yang telah terbukti berkualitas.

Saat Anda membeli produk pintu baja Fortress, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas yang sangat lengkap. Artinya, Anda akan mendapatkan produk pintubeserta dengan aksesorisnya.

Misalnya saja Anda akan mendapatkan daun pintu, kusen, handle, kunci, hingga architrave ketika melakukan pembelian pintu baja Fortress. Sehingga Anda tidak perlu beli produk pintu satu persatu.

Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah dalam mencari pintu terbaik. Pasalnya Anda hanya membeli satu buah pintu Fortress dan bisa mendapatkan paket lengkap pintu yang menghemat biaya.

Terlebih lagi architrave pintu baja Fortress juga sangat bagus, produk ini memiliki tampilan yang minimalis dengan motif tertentu. Anda bisa merasakan kepuasan tersendiri saat menggunakan produk tersebut.

Bahkan Anda juga bisa merasakan keindahan maksimal pada pintu rumah. Tamu yang datang ke rumah juga akan kagum dengan keindahan pintu yang Anda miliki. Karena itulah gunakan pintu Fortress sekarang juga!

Kesimpulan


Ternyata jenis architrave pintu cukup beragam bukan? Ada produk lis pintu yang menggunakan bahan kayu, batu, hingga logam. Anda tentunya bisa memilih sendiri produk architrave yang diinginkan.

Jika ingin mendapatkan kekuatan pintu dengan keindahan maksimal, Anda perlu memakai pintu baja Fortress. Karena dengan memakai pintu ini, Anda bisa merasakan keamanan dari pintu baja.

Tidak hanya keamanan saja, Anda juga akan merasakan keindahan pada pintu yang digunakan. Perpaduan keamanan tinggi dengan keindahan ini akan menciptakan nilai estetika yang tiada duanya. Ayo gunakan pintu Fortress sekarang juga!
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.