14 Mei 2024 1:52 pm

Bagian-Bagian Kunci Pintu Ini Penting untuk Anda Ketahui

Bagian-Bagian Kunci Pintu Ini Penting untuk Anda Ketahui
Kunci rumah menjadi bagian penting yang ada pada sebuah pintu. Terdapat banyak sekali bagian-bagian handle dan kunci pintu yang perlu Anda pertimbangkan. Agar nantinya Anda bisa tahu setiap bagian tersebut.

Sebuah pintu memang memiliki kunci yang secara umum fungsinya untuk mengamankan rumah. Kalau Anda memakai kunci pintu, maka rumah jadi lebih aman ketimbang tanpa menggunakan kunci sama sekali.

Bagian-Bagian Kunci Pintu yang Sangat Penting untuk Rumah


1. Handle Pintu


Pertama ada bagian handle pintu yang berguna untuk pegangan saat membuka dan menutup pintu rumah. Produk yang satu ini hadir dalam berbagai varian dan bentuk, semua dapat disesuaikan dengan jenis pintunya.

Umumnya jenis handle yang banyak dipakai di Indonesia adalah model huruf L yang ditekan ke bawah saat kita hendak membuka pintu. Kemudian ada juga model pull yang berbentuk batang lurus atau lengkung dan bisa Anda dorong atau tarik untuk menutup maupun membuka pintu.

2. Mortise lock / Lockcase (rumah kunci)


Berikutnya ada rumah kunci atau yang biasa disebut dengan Mortise lock / Lockcase. Bagian ini biasanya terpasang pada daun pintu dan di dalamnya terdapat mekanisme kunci yang begitu rumit.

Mekanisme kunci yang begitu banyak ini dapat terlindungi dengan baik oleh lockcase tersebut. Selain itu bagian yang satu ini juga memiliki kegunaan berupa memberikan nilai estetika pada bagian pintu. Sehingga pintu tetap terlihat keren dan tentunya sangat bagus.

3. Silinder


silinder dan kunci pintu
silinder dan kunci pintu

Kalau Anda memperhatikan setiap kunci, biasanya terdapat bagian yang berbentuk tabung. Fungsi dari bagian tabung ini adalah sebagai tempat anak kunci dimasukkan. Di dalam silinder terdapat pin atau pen yang berguna untuk mengatur mekanisme kunci.

Mekanisme yang terdapat dalam silinder juga memiliki komponen yang saling berkaitan dengan pengunci. Bagian ini tidak akan bisa terpisahkan dengan kunci pada pintu rumah, karena itulah silinder jadi bagian yang begitu penting.

4. Escutcheon


Berikutnya terdapat komponen Escutcheon yang berguna sebagai plat dekoratif. Bagian yang satu ini akan menutupi lubang tempat silinder sekaligus untuk meningkatkan nilai estetika. Mekanisme kunci yang ada di dalam juga akan terlindungi sehingga kunci pintu akan tetap awet sampai kapanpun.

5. Anak Kunci


Terakhir nama bagian kunci pintu rumah yang paling penting adalah anak kunci. Bagian yang satu ini berguna untuk membuka maupun mengunci pintu. Anak kunci ini merupakan benda berbentuk plat dan memiliki fungsi untuk membuka kunci pintu. Selain itu, anak kunci ini biasanya terdiri dari beberapa buah yang bisa Anda gunakan secara bergantian.

Beli Pintu Fortress Sudah Lengkap dengan Kunci Pintu Loh!


kunci pintu Fortress
kunci pintu Fortress

Umumnya kalau kita beli pintu, maka perlu membeli aksesoris lain secara terpisah. Misalnya kita beli daun pintu, maka harus membeli handle, kusen, dan kunci secara terpisah. Namun tenang, untuk Anda yang tidak ingin ribet, maka bisa gunakan pintu baja Fortress.

Produk pintu Fortress menghadirkan pintu full set secara lengkap untuk Anda. Ketika Anda membeli pintu ini, maka bisa memperoleh produk pintu yang lengkap. Mulai dari daun pintu, kusen, engsel, handle, kunci, dan aksesoris lainnya.

Jadi Anda akan memperoleh kunci dan handle pintu secara lengkap tanpa harus beli di tempat lain. Pintu Fortress ini juga menyajikan berbagai model dan motif yang keren, Anda dapat menyesuaikan pintu dengan gaya rumah sesuai kebutuhan.

Semua pintu Fortress dijual secara lengkap dalam satu paket pembelian. Jangan khawatir soal produk pintu yang Anda butuhkan, karena kami memiliki pintu keren khusus untuk Anda dan keluarga.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.