28 Desember 2023 4:46 pm

Apa Itu Kusen Pintu? Begini Detail Fungsi, Bagian, dan Jenisnya

Apa Itu Kusen Pintu? Begini Detail Fungsi, Bagian, dan Jenisnya
Sudah tahu belum apa itu kusen pintu? Bagi Anda yang belum tahu, mari simak artikel berikut. Karena kami akan memaparkan penjelasan yang detail dengan untuk Anda semua. Kusen memang menjadi bagian penting dalam sebuah rumah.

Produk kusen banyak sekali dimanfaatkan untuk menyangga pintu dan jendela. Agar daun pintu maupun daun jendela bisa berdiri dengan sempurna serta memiliki fungsi yang normal. Untuk pembahasan lebih detailnya, Anda dapat menyimak detail artikel berikut.

Apa Itu Kusen Pintu?


Pintu menjadi sebuah komponen yang sangat penting untuk rumah. Karena pintu berguna sebagai akses keluar masuk rumah. Sebuah pintu tentu memiliki berbagai komponen, mulai dari kunci, handle, dan kusen.

Kusen adalah sebuah produk yang menjadi penyangga agar daun pintu dapat berdiri dengan sempurna. Dengan adanya kusen pintu, maka daun pintu Anda dapat terpasang dengan presisi tanpa mirring sedikitpun.

Tak hanya itu, kusen pintu juga sangat berguna untuk memberikan nilai estetika pada rumah. Karena kusen pintu memiliki berbagai model dengan motif yang berbeda-beda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menciptakan nilai dekoratif pada rumah.

Jenis-jenis kusen juga sangat banyak sekali, Anda dapat memilih kusen yang sesuai kebutuhan serta keinginan masing-masing. Namun sebelum mengetahui jenisnya, Anda perlu memahami fungsinya terlebih dahulu.

Fungsi Kusen Pintu yang Harus Anda Tahu


Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, banyak sekali fungsi kusen yang memungkinkan Anda untuk memperoleh berbagai manfaat. Detail fungsi dari kusen ini telah kami rangkum berikut ini.

1. Sebagai Tempat Perlekatan Daun Pintu


Kusen pintu memiliki peran utama sebagai kerangka atau bingkai yang memungkinkan pintu dapat berdiri. Fungsi ini akan penopang daun pintu dan memberikan stabilitas pada keseluruhan struktur pintu. Kusen juga berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan engsel dan kunci pintu. Selain itu, kusen juga dapat memastikan bahwa pintu dapat berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan.

2. Sebagai Bagian Konstruksi Bangunan


Kusen juga berguna sebagai elemen struktural pada sebuah bangunan. Produk tersebut dapat memainkan peran penting dalam konstruksi bangunan. Kusen ini terpasang pada dinding dan lantai yang memberikan dukungan pada struktur pintu. Selain itu kusen juga berguna membagi beban dengan merata ke pondasi bangunan. Dengan demikian, kusen pintu menjadi bagian integral dari keseluruhan sistem struktur bangunan yang memberikan kestabilan.

3. Sebagai Penyekat Ruangan


Selain sebagai penopang pintu, kusen juga berfungsi sebagai penyekat ruangan untuk membatasi antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Kusen pintu yang solid dan kokoh dapat membantu mengisolasi suara, cahaya, dan udara antar ruangan. Hal tersebut akan menciptakan privasi di dalam ruangan dan memberikan kenyamanan penghuni rumah.

Bagian-Bagian Kusen Pintu yang Harus Anda Tahu


Kusen bukanlah produk yang berdiri sendiri, tetapi produk ini memiliki berbagai bagian atau komponen lain. Anda perlu tahu detail bagian kusen agar memperoleh pengetahuan produk yang jelas. Bagian bagian kusen pintu ini telah kami rangkum di bawah ini.

1. Tiang (Style)


Bagian tiang ini merupakan elemen struktural yang mendukung ambang pintu. Terdapat dua tiang utama, yaitu tiang kiri dan tiang kanan, yang menopang berat daun pintu. Kedua tiang ini membentuk kerangka yang kuat dan stabil untuk menjaga pintu tetap kokoh. Selain itu, tiang juga memberikan kekuatan pada kusen agar mampu menahan tekanan dan beban yang mungkin timbul selama penggunaan pintu.

2. Ambang (Dorpel)


Selanjutnya ada ambang pada kusen pintu yang terletak di bagian atas tiang dan berfungsi untuk menutup celah antara tiang kusen dan dinding. Fungsi dari bagian ini tidak hanya sebagai elemen estetika, tetapi juga untuk mencegah debu, air hujan, atau angin masuk ke dalam ruangan. Ambang juga berperan sebagai pelindung terhadap kelembaban dan kotoran yang dapat merusak kualitas pintu dan lingkungan dalam rumah.

4. Sponning


Bagian sponning pada kusen pintu memiliki fungsi utama sebagai tempat meletakkan daun pintu. Dengan kedalaman sekitar 1-1,5 cm dan lebar 3-4 cm, sponning memberikan ruang yang sesuai untuk pemasangan daun pintu. Keakuratan dimensi sponning menjadi krusial agar pintu dapat terpasang dengan tepat dan bekerja dengan baik. Sponning juga memberikan stabilitas pada daun pintu, mencegahnya agar tidak tergeser atau goyah selama digunakan.

5. Sponning Kapur


Terakhir ada sponning kapur pada kusen pintu yang berfungsi sebagai pengikat antara kusen dan tembok. Dengan lebar sekitar 3-6 cm dan kedalaman 1-2 cm, sponning kapur ini memberikan fondasi yang kuat dan tahan lama. Material kapur dipilih karena sifatnya yang dapat menyerap kelembapan, membantu mencegah kerusakan akibat kelembapan pada kusen pintu. Sponning kapur juga mendukung kestabilan kusen, menjaga agar pintu tetap terpasang kokoh dan aman dalam jangka waktu yang lama.

Jenis-Jenis Kusen Pintu yang Banyak Digunakan


Kusen pintu memiliki banyak sekali jenisnya, Anda bisa memilih sendiri kusen yang sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan kusen pintu yang tepat, maka pintu bisa lebih presisi dan rumah dapat terlindungi.

Berdasarkan bahannya, terdapat beberapa jenis kusen pintu yang sangat banyak digunakan di Indonesia. Berikut kami telah merangkum beberapa jenis dari kusen yang sangat banyak digunakan di Indonesia, antara lain.

1. Kusen Kayu


Pertama ada kusen kayu yang menjadi produk paling umum digunakan sejak lama. Bahan utamanya tentu berasal dari kayu alami, sehingga bisa memberikan nuansa alami dan hangat pada interior rumah. Produk seperti ini dapat diukir atau dihias sesuai dengan keinginan. Hanya saja kusen ini memerlukan perawatan ekstra untuk menghindari kerusakan akibat serangga dan kelembaban.

2. Kusen Aluminium


Selanjutnya ada kusen aluminium yang menjadi alternatif modern super ringan dan tahan korosi. Kusen tersebut juga sangat kuat sekali, bahkan produk ini sangat tahan lama dan bisa membuat rumah jadi lebih keren. Selain itu, kusen aluminium juga mudah untuk dipasang dan memerlukan perawatan simpel. Oleh karena itulah produk ini sangat tahan terhadap cuaca serta cocok untuk penggunaan eksterior.

3. Kusen UPVC


Produk kusen inni terbuat dari bahan UPVC atau yang disebut dengan unplasticized polyvinyl chloride. Kusen ini memiliki fitur berupa anti panas dan kedap suara yang baik, sehingga membuat Anda jauh lebih nyaman ketika menggunakan produk ini. Produk kusen UPVC juga tahan terhadap perubahan cuaca, korosi, dan tidak memerlukan perawatan khusus. Anda akan lebih praktis ketika menggunakan produk tersebut di rumah.

4. Kusen Baja Ringan


Selanjutnya ada kusen baja ringan yang terbuat dari baja berkualitas tinggi dengan berat cukup ringan dan tahan terhadap korosi. Produk ini memiliki keunggulan berupa daya tahan super bagus dengan kekuatan struktural yang oke. Selain itu, kusen baja ringan juga tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, Anda dapat memilih sendiri sesuai ukuran pada bukaan pintu di rumah.

5. Kusen Baja Murni


Secara umum kusen baja murni menggunakan material baja yang telah melalui proses pemurnian untuk menghasilkan kusen dengan kekuatan dan ketahanan yang maksimal. Kusen ini menjadi trend dekoratif interior building di era sekarang. Karena produk tersebut memiliki daya tahan luar biasa terhadap beban dan tekanan dengan keindahan yang super elegan.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu apa itu kusen pintu? Anda juga tahu detail fungsi dan jenis dari kusen. Jika Anda membutuhkan produk pintu, cobalah untuk menggunakan pintu baja Fortress yang terkenal kuat dan tahan lama.

Produk Fortress terkenal sangat bagus dan jauh lebih keren. Anda dapat memilih sendiri produk tersebut sesuai dengan kebutuhan di rumah. Dengan menggunakan pintu baja Fortress, rumah Anda akan terjaga lebih aman ketimbang pakai pintu biasa.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.