21 Juni 2024 11:28 am

Letak Pintu Kamar Tidur yang Baik Menurut Feng Shui

Letak Pintu Kamar Tidur yang Baik Menurut Feng Shui
Dalam desain interior, Anda perlu mempertimbangkan letak pintu kamar tidur yang baik. Agar nantinya Anda memperoleh keamanan, kenyamanan, sekaligus membuat suasana rumah jadi lebih menyegarkan.

Kamar tidur memang menjadi tempat yang privat sehingga Anda harus menaruh perhatian ekstra pada desain di kamar. Mulai dari tata ruang kamar hingga tata pintu kamar tidur agar tetap baik.

Tips Menentukan Pintu Kamar Tidur yang Baik


Ketika Anda hendak menyusun ruang kamar tidur, pastikan perhatikan pintu kamar dengan benar. Kami telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam menentukan pintu kamar tidur yang baik, antara lain:

1. Arah Pintu


Pertama Anda perlu menentukan arah pintu terlebih dahulu. Pintu sebaiknya menghadap ke dalam kamar tidur, bukan ke luar. Tujuannya untuk memberikan keamanan dan privasi yang lebih baik pada ruang tersebut. Selain itu dengan arah seperti ini nantinya juga bisa mengurangi gangguan suara yang terlalu bising dari luar.

2. Tidak Terhalang


Selanjutnya pastikan pintu tidak terhalang oleh furnitur atau barang-barang lainnya. Tujuannya tentu untuk memudahkan akses keluar masuk barang dan orang. Pintu juga bisa terbuka lebar dan bisa memberikan kemudahan untuk Anda.

3. Sirkulasi Udara


Pertimbangkan juga sirkulasi udara yang masuk ke dalam kamar agar ruang kamar bisa tetap nyaman. Sirkulasi udara yang baik bisa memberikan kenyamanan untuk keluarga Anda. Oleh sebab itulah pasang pintu yang kiranya tidak menghalangi udara ke dalam kamar ya!

4. Desain Estetika


Terakhir pertimbangkan nilai estetika pada ruangan rumah Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan gaya ruangan dan nilai estetika di rumah Anda. Tujuannya agar nantinya rumah Anda memiliki tampilan lebih estetis dan memberikan kenyamanan untuk Anda.

Letak Pintu Kamar Tidur yang Baik Menurut Feng Shui dan Fungsionalitas


kamar tidur
kamar tidur

Untuk Anda yang hendak menentukan pintu kamar, pastikan untuk mempertimbangkan dari segi aliran Feng Shui dan fungsionalitasnya. Kami telah merangkum lebih detailnya di bawah ini.

1. Feng Shui


Menurut feng shui, pintu kamar tidur merupakan jalur masuknya energi Chi atau energi kehidupan ke dalam ruangan. Oleh sebab itu, penentuan pintu tidak boleh asal-asalan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

Hindari Posisi Tempat Tidur yang Sejajar Dengan Pintu

Posisi pintu seperti ini dapat mengganggu aliran Chi dan bisa membuat Anda tidak nyaman. Apalagi dari segi privasi juga akan kurang, karena orang lain bisa melihat tempat tidur Anda ketika pintu terbuka.

Posisi Ideal Tempat Tidur

Menurut Feng Shui, posisi tempat tidur yang baik adalah tempat tidur bisa terlihat tapi tidak sejajar lurus dengan pintu. Sementara untuk posisi kepala tempat tidur sebaiknya bersandar pada dinding yang kokoh, tidak menghadap ke jendela atau kamar mandi.

Pintu kamar tidur tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu ruangan lain

Misal pintu kamar Anda berhadapan langsung dengan pintu kamar anak, maka hal ini tidak diperbolehkan. Karena bisa menyebabkan konflik energi dan mengganggu privasi keluarga Anda.

Gunakan tirai atau sekat ruangan

Tipe terakhir, Anda bisa gunakan tirai atau sekat ruangan untuk menghalangi pandangan langsung dari pintu ke tempat tidur. Cara ini bisa Anda coba jika ingin memperoleh privasi yang lebih maksimal dan aman.

2. Secara Fungsionalitas


Selain feng shui, letak pintu kamar tidur juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, maupun fungsionalitas. Karena itulah Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Tempat Tidur Tidak Boleh dekat Pintu

Hal ini sangat penting karena untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan ketika ada orang jahat tiba-tiba masuk. Posisi seperti ini wajib Anda hindari karena nantinya akan merasa kurang nyaman di ruang kamar tersebut.

Tempat Tidur Tidak Menghadap Pintu

Posisi tempat tidur seperti ini sering dikatakan sebagai posisi peti mati. Karena ujung kaki saat kita tidur langsung menghadap pintu keluar. Posisi seperti ini membuat privasi Anda jadi lebih terbuka, sehingga bisa membuat Anda terasa kurang nyaman.

Pintu Kamar Tidur Mudah Diakses

Terakhir pastikan pintu kamar tidur mudah diakses tapi tetap memiliki keamanan yang maksimal. Contohnya pintu tersebut memiliki sistem penguncian lima titik seperti pintu Fortress, tapi tetap mudah untuk dioperasikan. Dengan keamanan dan kemudahan seperti ini maka bisa membuat Anda jadi lebih nyaman.

Nah itulah letak pintu kamar tidur yang baik dan bisa Anda terapkan sendiri. Silahkan coba saja tips yang telah kami sajikan di atas, tapi jangan lupa untuk konsultasi secara langsung pada ahlinya. Agar Anda bisa mendapatkan keamanan, kenyamanan, dan ketentraman.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Perusahaan penyedia pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.