9 Januari 2024 10:56 am

Jenis Engsel Pintu yang Harus Anda Ketahui

Jenis Engsel Pintu yang Harus Anda Ketahui
Jenis engsel pintu memang sangat banyak, terdapat berbagai engsel yang bisa Anda coba gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebelum kita membahas lebih dalam, Anda tahu tidak apa itu engsel pada sebuah pintu?

Engsel adalah sebuah benda yang berguna untuk menghubungkan kusen dan daun pintu agar dapat bergerak satu sama lain. Umumnya engsel terbuat dari bahan yang kuat seperti logam besi atau logam baja.

Dengan adanya engsel yang kuat, maka bisa menahan beban pintu dari kusen. Hal ini memungkinkan pintu bergerak dengan lancar tanpa mengalami kendala sedikitpun. Sehingga Anda dapat membuka pintu tanpa perlu mengeluarkan tenaga yang berlebih.

Jenis Engsel Pintu yang Harus Anda Ketahui


Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, saat ini banyak sekali model dan jenis dari engsel. Mulai dari engsel kupu-kupu yang sering digunakan pada rumah, hingga engsel baja yang memiliki kekuatan ekstra.

Anda tentu bisa memilih engsel sesuai kebutuhan dan jenis dari pintu yang digunakan. Berikut kami telah merangkum macam macam engsel dan fungsinya secara lengkap di bawah ini.

1. Engsel Kupu-Kupu


engsel pintu kupu-kupu
engsel pintu kupu-kupu

Pertama ada engsel kupu-kupu yang sangat sering digunakan pada pintu lipat atau pintu geser. Dinamakan engsel kupu-kupu karena bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu yang terbuka dan digunakan untuk menghubungkan dua panel pintu. Engsel ini memungkinkan pintu untuk dibuka dan ditutup dengan mudah. Bahkan jenis engsel tersebut tidak memerlukan ruang lebar untuk Anda pasang di pintu rumah.

2. Engsel Sendok


Jenis jenis engsel selanjutnya ada engsel sendok yang memiliki bentuk mirip sendok. Engsel sendok dapat memberikan kestabilan pada pintu sambil memudahkan buka-tutup pintu dengan lancar. Terdapat dua tipe dari engsel ini, yaitu engsel sendok bengkok dan setengah bengkok. Anda bisa menyesuaikan tipe tersebut dengan model dan bukaan pintu di rumah.

3. Engsel Bubut


Salah satu jenis engsel pintu besi yang bisa Anda gunakan adalah engsel bubut. Dinamakan demikian karena engsel tersebut dihasilkan dari teknik bubut pada kayu atau logam. Engsel ini sering digunakan pada pintu dengan desain klasik atau tradisional. Kelebihan engsel bubut terletak pada kekuatannya dan memberikan sentuhan estetika yang khas pada pintu.

4. Engsel Panel


Apabila Anda mencari engsel untuk pintu berat, maka cobalah untuk menggunakan engsel panel. Hal ini karena engsel panel dirancang khusus untuk pintu dengan panel yang lebih berat dan besar. Dengan mekanisme yang kuat, engsel ini mampu menopang beban pintu dengan baik. Tidak mengherankan jika banyak masyarakat yang memakai jenis engsel ini untuk pintu utama rumah yang berukuran besar dan memiliki bobot berat.

5. Engsel Model Piano


Berikutnya ada engsel model piano yang merupakan jenis engsel lemari dengan bentuk cukup memanjang. Engsel model piano umumnya digunakan pada pintu lemari atau pintu yang panjang dan tipis. Jenis engsel tersebut biasanya terpasang pada sisi pintu, sehingga bukaan pintu bisa secara maksimal. Desain seperti ini memberikan tampilan yang rapi dan elegan pada pintu.

6. Engsel T


Salah satu engsel pintu besi berat yang bisa Anda gunakan adalah engsel T yang memiliki bentuk menyerupai huruf “T”. Umumnya jenis pintu tersebut digunakan pada pintu kabinet atau lemari dengan pintu ganda. Engsel ini memberikan dukungan yang baik pada kedua sisi pintu, sehingga memungkinkan pintu dapat dibuka dan ditutup dengan stabil.

7. Engsel Pivot


Jenis engsel pivot sering kali terpasang di tengah-tengah pintu yang memungkinkan pintu untuk berputar pada satu sumbu. Biasanya engsel ini sering digunakan pada pintu masuk kantor atau pintu bergaya modern. Model seperti ini tentu akan memberikan kesan inovatif dan menarik untuk pintu rumah Anda.

8. Engsel Tersembunyi


Terakhir ada engsel pintu tersembunyi yang merupakan sebuah engsel dengan model tersembunyi di dalam engsel. Model seperti ini dapat memberikan tampilan yang bersih dan minimalis pada pintu. Engsel ini ditempatkan di dalam kusen pintu, sehingga tidak terlihat secara langsung.

Selain memberikan estetika yang baik, engsel tersembunyi juga memberikan keamanan tambahan karena sulit dicongkel oleh orang jahat. Secara umum, pintu yang menggunakan model engsel tersembunyi adalah pintu Fortress yang menggunakan bahan baja.

Pintu Fortress menghadirkan satu produk lengkap mulai dari kusen, daun pintu, handle, hingga kunci dalam satu paket pembelian. Anda bisa lebih mudah menggunakan pintu ini karena tidak perlu pusing mencari engsel atau kusen sendiri-sendiri.

Pintu baja Fortress juga sangat kuat dan tentunya bisa memberikan rasa aman serta keamanan untuk keluarga. Anda akan merasa tenang berada di dalam rumah ketika menggunakan produk dari Fortress ini.

Kesimpulan


Demikianlah beberapa jenis engsel pintu yang bisa Anda gunakan sendiri. Silahkan pilih saja produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah. Jika memungkinkan, gunakanlah pintu baja Fortress yang memiliki engsel tersembunyi.

Anda tidak perlu membeli engsel lagi karena engsel tersebut bisa Anda dapatkan dalam satu paket pembelian pintu. Kami juga memiliki banyak sekali model pintu yang bisa Anda dapatkan, salah satu produk unggulan Fortress adalah pintu baja motif kayu alami.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.