15 Maret 2024 11:30 am

Cara Untuk Membuat Ruangan Kedap Suara Sederhana yang Simpel

Cara Untuk Membuat Ruangan Kedap Suara Sederhana yang Simpel
Sebenarnya terdapat beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Beberapa cara ini memungkinkan Anda untuk memperoleh ruangan yang kedap suara sehingga jadi lebih aman.

Ruang kedap suara merupakan sebuah ruangan yang menahan suara dari dalam agar tidak keluar. Hal ini akan memberikan rasa aman dan keamanan untuk pengguna, mengingat suara dari luar juga tidak masuk ke dalam dan suara dari dalam tidak bocor keluar.

Umumnya ruangan kedap suara ini biasa digunakan untuk studio musik atau ruangan karaoke. Selain itu, ruangan tersebut juga bisa digunakan pada ruang studio sendiri karena bisa memberikan kenyamanan.

Berapa Biaya Membuat Ruangan Kedap Suara?


Mungkin Anda pernah bertanya-tanya terkait biaya untuk membuat ruangan seperti ini. Tenang saja, biaya tersebut tidaklah mahal kok. Anda bisa membuat ruangan ini sendiri menggunakan berbagai kombinasi bahan.

Jadi nantinya Anda hanya perlu membeli dan memanfaatkan beberapa bahan saja agar nantinya memperoleh kedap suara yang mantap. Adapun anggaran yang mungkin Anda keluarkan yakni sekitar 200 ribu hingga 500 ribu.

Anggaran ini tergantung dari banyak tidaknya item yang Anda beli. Jadi pastikan sesuaikan kebutuhan Anda ya, kalau bingung bagaimana cara membuatnya, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.

Cara Untuk Membuat Ruangan Kedap Suara


ilustrasi kedap suara
ilustrasi kedap suara

Dalam membuat ruangan yang aman dan kedap suara, terdapat beberapa langkah yang perlu Anda siapkan. Berikut kami telah merangkum cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Tutup Celah pada Pintu dan Jendela


Langkah pertama, pastikan Anda menutup setiap celah pada pintu maupun jendela. Pada bagian bawah, atas, dan samping pintu maupun jendela biasanya terdapat celah yang memungkinkan udara masuk.

Nah agar ruangan jadi lebih kedap suara, Anda bisa menggunakan seal khusus pintu dan jendela yang terbuat dari karet tebal. Umumnya benda seperti ini dinamakan dengan karet peredam, karena fungsinya sebagai peredam suara.

2. Pakai Peredam Suara Sederhana


Pada ruangan, Anda juga perlu menggunakan karpet tebal di lantai. Tujuannya yakni untuk meredam suara agar suara kita tidak bocor keluar. Kemudian Anda juga bisa memakai rak buku tinggi yang penuh dengan buku untuk meredam suara.

Dalam ruangan, Anda juga bisa memasang perabotan dengan kain seperti seperti sofa, kursi, dan gorden tebal. Semua perabotan ini tentu akan menjadi peredam tersendiri sehingga suara tidak akan meluber keluar.

3. Gunakan Material Kedap Suara


Langkah selanjutnya Anda bisa memakai material yang kedap suara. Material ini bisa berupa panel pada langit-langit ruangan, wallpaper yang kedap suara, hingga cat yang memiliki fitur kedap suara.

Anda dapat mengkombinasikan berbagai bahan tersebut agar nantinya mendapatkan ruangan yang lebih kedap terhadap suara. Bahan tersebut juga akan mencegah suara merambat ke dinding secara langsung yang mengakibatkan suara bocor keluar.

4. Modifikasi Struktur Ruangan


Selanjutnya Anda perlu memasang drywall atau panel papan berbahan gypsum pada dinding ruangan. Bahan tersebut sangat ampuh untuk menjaga suara agar tidak merambat keluar, tentunya Anda akan memberikan perlindungan yang jauh lebih baik.

Dalam membuat struktur ruangan ini, Anda juga bisa menata sendiri ruangan dengan produk yang Anda miliki di rumah. Dengan demikian, ruangan Anda bisa jadi lebih enak untuk meredam suara.

5. Gunakan Pintu Baja Merk Fortress


pintu baja Fortress
pintu baja Fortress

Terakhir, Anda bisa gunakan pintu baja merk Fortress. Pintu yang satu ini terbuat dari bahan baja murni dan memiliki fitur berupa dapat meredam suara. Hal ini karena pada pintu Fortress terdapat Honeycomb paper yang memungkinkan suara tidak akan mudah keluar.

Selain itu, pada pintu Fortress juga memiliki karet peredam yang memungknkan untuk menahan suara agar tidak bisa masuk ke dalam maupun keluar. Jadi saat berada di dalam ruangan, Anda tidak akan mendengar berisiknya luar ruangan.

Sedangkan suara Anda juga tidak akan mudah terdengar ke luar ruangan. Fitur seperti ini bisa Anda dapatkan pada pintu Fortress tipe Fort atau Prime ke atas. Sedangkan untuk tipe ekonomis belum memiliki fitur seperti ini.

Anda tentu perlu menggunakan produk pintu Fortress ini agar nantinya mendapatkan rasa aman dan kenyamanan. Apalagi pintu ini terbuat dari bahan baja, sehingga Anda juga akan terlindungi sampai kapanpun.

Kesimpulan


Demikianlah beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang bisa Anda coba sendiri. Cara tersebut sangat simpel dan mudah sekali bukan? Bahkan Anda juga bisa memperoleh produk pintu tersebut dengan harga yang sangat murah meriah.

Cobalah untuk menggunakan produk pintu Fortress jika Anda ingin memperoleh rasa aman, kenyamanan, dan kedap suara yang baik. Karena pintu dari Fortress memiliki fitur canggih yang tentunya membuat Anda jadi lebih merasa senang.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.