9 Maret 2024 9:45 am

6 Kelebihan dan Kelemahan Pintu yang Terbuat dari Kayu yang Perlu Anda Tahu

6 Kelebihan dan Kelemahan Pintu yang Terbuat dari Kayu yang Perlu Anda Tahu
Sudah tahu belum, apa kelemahan pintu yang terbuat dari kayu? Bahan kayu memang sering digunakan sebagai bahan utama pintu. Karena pintu tersebut akan terlihat simpel dan keren dengan motif minimalis.

Pintu kayu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan dari pintu kayu yakni memiliki model yang sangat beragam dan bisa kita bentuk sesuka hati. Artinya kita bisa membuat sebuah pintu yang memiliki desain elegan dan model yang sesuai keinginan.

Hanya saja pintu yang terbuat dari bahan kayu juga punya kekurangan tersendiri. Adapun kekurangan tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi sebelum membeli produk pintu.

Beberapa Keunggulan Pintu Rumah Kayu


Produk pintu yang terbuat dari bahan kayu tentunya memiliki keunggulan tersendiri ketimbang pintu lainnya. Kami telah merangkum beberapa keunggulan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tampilan Lebih Keren


Tidak bisa kita pungkiri kalau produk pintu kayu memiliki tampilan yang sangat keren. Produk pintu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kenyamanan tersediri. Mengingat saat Anda memakai pintu kayu, rumah Anda akan jadi lebih indah dan keren. Produk pintu kayu juga sangat lazim digunakan di Indonesia karena memang bagus.

2. Memiliki Banyak Motif


Salah satu keunggulan produk pintu kayu adalah memiliki banyak motif yang super keren. Motif pada daun pintu ini memungkinkan Anda untuk memperoleh nilai estetika yang lebih elegan pada rumah. Motif ini juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya seperti motif simpel, motif naga, motif daun, motif bunga, dan lain sebagainya.

3. Bisa Request Bentuk dan Model


Keunggulan lain dari pintu kayu yakni kitaa dapat request bentuk, model, dan ukuran sesuka hati. Karena biasanya kita perlu memesan pintu sesuai kebutuhan. Kemudian pabrik pintu akan membuatkan pintu untuk Anda sesuai dengan request dari Anda. Misalnya saja Anda bisa memesan produk pintu dengan model moden berbentuk lengkungan di atasnya atau bisa juga model minimalis yang simpel.

4. Kuat Tahan Lama


Pintu kayu juga lebih tahan lama apabila terbuat dari bahan kayu yang berkualitas. Misalnya saja seperti kayu jati dan kayu sengon, biasanya produk pintu akan lebih tahan lama serta tahan terhadap rayap. Aapalagi jika pintu Anda dilapisi cat anti rayap, tentunya pintu akan jadi lebih kuat tahan lama.

5. Tersedia Dimana-mana


Keunggulan lain dari pintu kayu adalah tersedia dimana-mana, sehingga kita bisa membeli produk pintu ini dengan mudah. Anda bisa beli produk pintu tersebut di berbagai daerah sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan masing-masing. Bahkan Anda juga bisa membandingkan produk pintu A dengan pintu B.

Kelemahan Pintu yang Terbuat dari Kayu


ilustrasi pintu kayu
ilustrasi pintu kayu

Sekedar informasi, kelemahan ini perlu Anda ketahui untuk mempermudah dalam proses pemilihan pintu. Berikut kami telah merangkum beberapa kekurangan dari pintu kayu, antara lain.

1. Rentan Terhadap Serangga dan Jamur


Kita tentu tahu kalau kayu merupakan makanan utama bagi serangga seperti rayap dan kumbang bubuk. Hal ini memungkinkan pintu kayu jadi keropos akibat termakan oleh rayap. Selain itu, pintu berbahan kayu juga sangat rentan terhadap lembab yang menyebabkan jamur. Ketika pintu ini ditempatkan pada ruangan lembab secara terus-menerus, maka pintu kayu bakalan rusak dan hancur.

2. Rentan Terhadap Perubahan Cuaca


Bahan kayu juga sangat rentan terhadap perubahan cuaca ekstrem. Misalnya pintu terpapar panas secara terus menerus, kemudian terkena lembab akibat cuaca hujan, maka nantinya pintu bisa menyusut, melengkung, macet, hingga retak. Hal ini tentu akan mengurangi nilai estetika pada pintu rumah Anda.

3. Kurang Tahan Api


Pintu kayu gampang terbakar dan tidak tahan terhadap api. Jenis pintu ini memang tidak direkomendasikan untuk area yang mudah terbakar. Karena itulah biasanya pemanfaatan pintu kayu untuk pintu utama maupun pintu kamar tidur.

4.Tidak Meredam Suara


Pintu yang terbuat dari bahan kayu biasanya tidak meredam suara. Karena suara bisa merambat pada permukaan pintu kayu. Biasanya suara bising kendaraan dari luar akan mudah terdengar dan masuk ke dalam rumah. Sehingga membuat Anda kurang nyaman akibat berisik dari luar rumah.

5. Membutuhkan Perawatan Tinggi


Agar memiliki tampilan yang tetap bagus, biasanya pintu ini harus dirawat secara berkala. Perawatan ini mulai dari pengecatan, penggantian engsel, hingga perawatan permukaan dari kotoran. Hal ini tentu akan membuat Anda jadi repot karena pintu tersebut harus dirawat sedemikian rupa.

6. Harganya Relatif Mahal


Jika kita lihat di pasaran, harga pintu kayu memang cenderung mahal. Mulai dari tiga jutaan lengkap dengan daun pintu dan kusen. Harga ini memang lebih mahal ketimbang pintu dari bahan lain seperti fiberglass atau PVC, atau pintu baja. Anda wajib mempertimbangkan faktor ini sebelum beli produk pintu kayu.

Gunakan Pintu Baja Fortress untuk Gantikan Pintu Kayu


pintu baja
pintu baja

Saat ini terdapat inovasi baru yakni pintu yang terbuat dari bahan plat baja murni tanpa sambungan. Pintu jenis ini bisa Anda dapatkan melalui Fortress yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Fortress telah memproduksi pintu baja dengan berbagai motif dan model keren khusus untuk masyarakat Indonesia. Salah satu produk unggulan dari Fortress adalah pintu baja bermotif urat kayu alami.

Kami menghadirkan pintu yang sangat cocok sekali untuk kebutuhan Anda di rumah. Bahkan pintu motif urat kayu ini juga akan memberikan kesan alami yang bagus dan elegan untuk Anda.

Produk pintu baja Fortress ini sangat cocok sebagai pengganti pintu kayu biasa. Karena pintu tersebut sangat aman dan memiliki banyak kelebihan ketimbang produk pintu kayu konvensional.

Misalnya saja pintu Fortress kedap terhadap suara, tahan terhadap api, kuat tidak mudah terkena rayap atau menyusut, dan lain sebagainya. Silahkan pilih saja model pintu yang Anda inginkan dan sesuaikan dengan kebutuhan produk pintu kepada tim kami.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu apa kelemahan pintu yang terbuat dari kayu? Terdapat beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli produk pintu kayu tersebut.

Jika sedang mencari produk pintu, cobalah untuk menggunakan produk pintu Fortress. Karena pintu merk Fortress sangat kuat dan tahan lama untuk memberi perlindungan di rumah Anda.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.