30 Oktober 2023 8:53 am

Penasaran Apakah Pintu Baja Tahan Air? Begini Penjelasannya

Penasaran Apakah Pintu Baja Tahan Air? Begini Penjelasannya
Mungkin banyak sekali yang masih penasaran apakah pintu baja tahan air atau tidak? Pertanyaan seperti ini memang sering terlintas di benak masyarakat yang hendak mencari pintu terbaik.

Karena di Indonesia sendiri memiliki iklim tropis yang memungkinkan adanya musim hujan dan panas. Ketika musim hujan bisa saja terjadi cipratan air yang sampai ke teras rumah.

Hal ini membuat sebagian masyarakat khawatir pintu rumah cepat lapuk dan rusak. Pintu rumah yang terkena air terkadang memang akan cepat rusak, bahkan bisa sampai keropos. Jadi pada bagian luarnya akan tampak lebih bagus, karena terlapisi oleh cat.


Namun pada bagian dalamnya sudah lapuk dan keropos karena air meresap ke dalamnya. Lalu bagaimana dengan pintu baja, apakah pintu ini juga akan rusak terkena air? Bagi Anda yang ingin tahu jawabannya, maka wajib menyimak artikel ini hingga selesai.

Apakah Pintu Baja Tahan Air?


Baja merupakan salah satu material logam, sama halnya dengan besi, material ini juga banyak digunakan untuk pembangunan rumah. Selain untuk rumah, baja juga dapat dijadikan sebagai pintu rumah.

Pintu jenis ini sudah cukup umum di era sekarang, salah satu merk pintu baja terbaik adalah Fortress. Sebagai merk yang bagus, Fortress menyajikan produk pintu baja yang kuat dan tangguh untuk melindungi masyarakat Indonesia.

Lantas bagaimana sih ketahanan pintu baja terhadap air? Pada dasarnya pintu baja tidak dapat menyerap air, jadi air yang menempel mungkin akan mengalir begitu saja.


Berbeda dengan pintu kayu yang akan menyerap air dan membuatnya jadi lapuk. Pintu baja tidak akan menyerap air sama sekali, hanya saja pintu jenis ini tetap rawan terhadap karat.

Sebenarnya masalah karat menjadi masalah yang umum terjadi pada pintu berbahan dasar logam. Misalnya saja pintu besi yang juga akan mengalami karat jika terkena air secara terus menerus.

Beberapa Faktor yang Membuat Pintu Baja Tahan Air


ilustrasi pintu baja
ilustrasi pintu baja
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, pintu berbahan baja memiliki masalah pada karat. Jadi pintu jenis ini akan mudah sekali berkarat apabila terkena air secara terus menerus.

Namun pintu baja juga bisa tahan hingga puluhan tahun loh. Ada beberapa faktor yang mendasari pintu baja jauh lebih awet untuk Anda gunakan. Berikut kami telah merangkum informasinya di bawah ini.


1. Kualitas Bahan


Pintu baja yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi tentunya akan menghasilkan kualitas pintu yang baik. Umumnya pintu yang bagus akan menggunakan bahan anti karat yang berguna untuk melindungi permukaan. Tujuannya agar pintu baja yang terpasang di rumah bisa lebih tahan lama dan tidak mudah terkena karat.

2. Teknik Pemasangan


Mungkin banyak yang penasaran, apa hubungannya teknik pemasangan pintu dengan ketahanan pintu terhadap air. Pada dasarnya pintu baja yang terpasang dengan benar akan lebih awet dan tahan lama. Bahkan jika pemasangannya tepat, maka bisa terhindar dari air yang mungkin sampai naik ke teras rumah. Jika Anda berniat mencari pintu baja, pastikan gunakan teknisi atau tukang yang memang berkualitas ya!

3. Adanya Lapisan Anti Air


Secara umum, pintu yang terbuat dari bahan logam seperti baja dan besi akan mendapatkan lapisan khusus. Lapisan ini merupakan lapisan anti air yang berguna untuk menghadang air agar tidak dapat menyentuh permukaan pintu. Sehingga pintu baja bisa terhindar dari yang namanya karatan.


4. Perawatan


Semua pintu yang tidak dirawat pasti akan cepat rusak. Hal ini juga berlaku pada pintu baja yang bisa cepat rusak jika Anda tidak merawatnya. Oleh karena itu pastikan Anda melakukan perawatan rutin pada pintu tersebut. Agar nantinya bisa lebih aman kuat dan tahan lama hingga puluhan tahun.

Kesimpulan


Sekarang sudah menemukan jawaban dari pertanyaan apakah pintu baja tahan air? Anda juga tahu beberapa faktor yang mempengaruhi ketahanan dari pintu baja. Jika ingin memakai merk pintu baja terbaik, maka gunakanlah pintu Fortress di rumah.

Karena Fortress telah terpercaya memberikan keamanan yang bagus untuk keluarga. Hal ini memungkinkan Anda beserta keluarga bisa lebih tenang berada di dalam rumah. Produk Fortress dapat menjadi benteng di rumah Anda dan mengamankan rumah dari berbagai ancaman kejahatan.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.