13 Desember 2023 10:41 am

Baja Termasuk Kategori Zat Campuran, Begini Penjelasannya

Baja Termasuk Kategori Zat Campuran, Begini Penjelasannya
Mungkin masih banyak yang penasaran baja termasuk kategori zat apa. Baja memang menjadi material yang cukup banyak digunakan di bidang konstruksi bangunan. Entah itu bangunan jalan, rumah, maupun gedung bertingkat.

Bahkan material yang satu ini juga menjadi bahan penyangga agar gedung bisa berdiri dengan kokoh. Tak heran jika baja menjadi material yang bagus untuk segala keperluan konstruksi di rumah Anda.

Bagi yang belum tahu, baja termasuk kategori zat campuran (heterogen) yang terdiri dari dua zat atau lebih. Material ini tersusun atas besi dan karbon, hanya saja kedua zat tersebut tidak tercampur secara sempurna.

Hal ini membuat material baja memiliki sifat yang berbeda dari baja murni atau karbon murni. Anda tahu tidak, berapa kandungan karbon pada baja karbon rendah?

Secara umum kandungan karbon pada baja yang paling rendah yakni 0,05% hingga yang tertinggi 2,1%. Apabila kandungan karbon dalam baja semakin tinggi maka material baja akan semakin keras dan kuat baja tersebut, tetapi juga semakin rapuh.

Contoh Pemanfaatan Baja di Masa Sekarang


Material baja memang sangat bagus dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja baja dapat dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan, jalan raya, jembatan, dan lain sebagainya. Berikut beberapa pemanfaatan material baja di masa sekarang, antara lain.

1. Konstruksi Bangunan


Baja menjadi bahan konstruksi utama yang banyak digunakan dalam pembangunan gedung-gedung pencakar langit. Keunggulan baja terletak pada kekuatan dan keuletannya yang tinggi. Sehingga membuat baja menjadi pilihan utama untuk menopang berat dari bangunan gedung-gedung tinggi. Terlebih lagi baja juga sangat mudah dibentuk dan diatur, hal ini memungkinkan Anda memperoleh kebutuhan arsitektur yang lebih fleksibel dengan desain.

2. Mesin dan Peralatan Berat


Material baja juga banyak digunakan secara luas dalam pembuatan mesin dan peralatan industri. Kekuatan dan daya tahan baja membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk pembuatan mesin-mesin berat seperti traktor, mesin pabrik, dan peralatan konstruksi. Hal ini tak terlepas dari kekuatan baja yang tahan terhadap panas maupun tekanan. Sehingga sangat cocok untuk lingkungan kerja yang keras dan berbahaya.

3. Transportasi


Dalam industri transportasi juga tidak akan lepas dari material baja. Apalagi material ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat kerangka kendaraan seperti mobil, truk, dan kereta api. Kekuatan baja dapat membantu memberikan struktur kendaraan yang kokoh dan aman. Sedangkan sifatnya yang relatif ringan membantu mengurangi beban kendaraan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

4. Produk Furniture Rumah Tangga


Peralatan rumah tangga saat ini juga banyak yang memakai material baja sebagai bahan utama. Baja tahan karat sering digunakan dalam pembuatan peralatan dapur, sementara baja ringan dan mudah dibentuk dapat digunakan untuk membuat berbagai produk furniture modern. Beberapa produk peralatan rumah tangga yang memanfaatkan baja antara lain seperti pisau berbahan baja, lemari piring, dan lain sebagainya. Produk ini memberikan kekuatan dan produk yang lebih awet sepanjang waktu.

5. Pintu Rumah


Salah satu inovasi pemanfaatan baja adalah adanya pintu rumah yang menggunakan bahan utama dari baja. Produk pintu ini memiliki kekuatan yang bagus dan ketahanannya terhadap cuaca. Pintu baja yang bisa Anda gunakan di rumah adalah pintu merk Fortress yang terkenal kuat dan awet.

Fortress menghadirkan pintu berbahan dasar plat baja murni tanpa sambungan yang membuatnya semakin kuat. Pintu Fortress dapat Anda gunakan untuk berbagai rumah, karena kami memiliki produk dengan berbagai model dan jenis.

Salah satu produk terbaik yang dimiliki oleh Fortress adalah tipe Fort. Produk ini cukup bagus karena menawarkan pintu murni terbaik dengan keamanan yang sangat bagus untuk rumah. Anda juga bisa memperoleh pintu ini dengan harga yang sangat murah meriah.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu baja termasuk kategori zat apa? Anda juga tahu contoh pemanfaatan baja di berbagai bidang maupun keperluan. Anda bisa menggunakan produk pintu berbahan baja dari Fortress yang sudah terkenal kuat dan kokoh.

Pintu Fortress memungkinkan Anda untuk menyesuaikan desain dengan rumah, karena kami memiliki berbagai tipe produk yang sangat bagus. Silahkan hubungi saja tim Fortress agar Anda mendapatkan produk bagus serta diskon besar-besaran. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.