20 Maret 2024 2:29 pm

Apa Itu Pintu Pivot? Ini Penjelasan, Ukuran, hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Pintu Pivot? Ini Penjelasan, Ukuran, hingga Kelebihan dan Kekurangannya
Pernah dengar istilah pintu pivot atau belum? Pintu jenis ini memang cukup jarang digunakan pada rumah biasa. Karena pintu tersebut memiliki model dan desain yang cukup unik untuk kebutuhan perkantoran atau toko-toko.

Tak mengherankan jika pintu yang satu ini jarang digunakan oleh rumah biasa. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang produk pintu tersebut, Anda perlu menyimak informasi ini hingga selesai.

Apa Itu Pintu Pivot?


Secara umum, pintu pivot merupakan sebuah produk pintu yang bukaannya dengan cara diputar. Jadi pada pintu ini tidak memiliki engsel di samping kanan atau kiri, melainkan engsel tersebut ada di bagian atas maupun bawah.

Hal ini memungkinkan pintu tersebut dapat kita putar hingga 360 derajat. Pada bagian tengah juga terdapat sumbu putar agar pintu tersebut dapat berputar dengan baik. Sehingga daun pintu bisa berayun ke kanan maupun ke kiri dengan leluasa.

Secara umum, pintu pivot tanpa kusen sering digunakan untuk pintu masuk utama atau pintu kantor yang besar. Karena model pintu seperti ini akan membuat pengguna keluar masuk gedung secara lebih efisien.

Ukuran Pintu Pivot Secara Umum


Sebenarnya pintu pivot tidak memiliki standar ukuran baku, sehingga Anda bisa menyesuaikan ukuran tersebut dengan kebutuhan masing-masing. Namun terdapat beberapa ukuran pintu pivot secara umum yang ada di Indonesia, antara lain:

Terdapat pintu pivot yang memiliki tinggi 200 cm hingga 300 cm, dengan lebar 70 cm hingga 120 cm dan ketebalan 3 cm hingga 5 cm. Anda tentu bisa menyesuaikan ukuran tersebut sesuai kebutuhan sendiri.

Misalnya Anda bisa membeli pintu pivot dengan tinggi 200 cm, lebar 80 cm, dan tebal 4 cm. Dengan ukuran tersebut Anda bisa memperoleh lebar maupun tinggi yang ideal untuk lalu lalang.

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Pivot


Penggunaan pintu yang satu ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu Anda perhatikan. Kami telah merangkum detail keunggulan atau kekurangan dari produk pintu tersebut.

Kelebihan Pintu Pivot:

  • Penampilan yang lebih elegan, karena tampilannya sangat modern dan engselnya tersembunyi di bagian atas maupun bawah.
  • Mudah dibuka dan ditutup, Anda hanya perlu menekan daun pintu sedikit saja maka nantinya pintu akan terbuka dengan sendirinya. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga besar untuk buka pintu ini.
  • Tidak memerlukan ruang yang luas, pada pintu ini pintu akan berputar mengikuti sumbu di bagian tengah sehingga tidak memerlukan ruang besar untuk memasang pintu tersebut.
  • Lebih tahan lama, jenis pintu pivot tidak menggunakan engsel samping sehingga akan jauh lebih kokoh dan cenderung jauh lebih tahan lama.

Kekurangan pintu pivot:

  • Harga pintu lebih mahal, sebenarnya wajar karena desain dan material yang digunakan juga berbeda dengan pintu konvensional, sehingga harganya jadi lebih mahal.
  • Pemasangan pintu cenderung ribet, produk pintu ini memerlukan ketelitian yang tinggi saat dipasang agar dapat berfungsi dengan baik.
  • Perawatan pintu pivot juga cukup ribet, karena Anda perlu melakukan pemeliharaan rutin pada engsel yang tersembunyi di atas maupun bawah.
  • Tidak cocok untuk semua desain ruangan, karena pintu jenis ini lebih cocok untuk kantor maupun toko besar.

Pintu Baja Fortress Sebagai Solusi Pintu Kekinian untuk Rumah


pintu baja Fortress
pintu baja Fortress

Bagi Anda yang berencana membeli pintu rumah, cobalah untuk menggunakan produk pintu merk Fortress. Karena pintu ini memiliki tampilan yang menarik serta ketahanan yang jauh lebih bagus untuk rumah.

Fortress menghadirkan produk pintu berbahan plat baja murni tanpa sambungan. Dengan pintu ini, nantinya Anda akan memperoleh rasa aman lebih maksimal di dalam rumah. Bahkan Anda juga tidak akan khawatir meninggalkan rumah mudik ke kampung atau pergi ke luar kota.

Kami memiliki produk unggulan pintu motif urat kayu. Motif seperti ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesan alami yang lebih indah. Anda juga bisa menyesuaikan pintu ini dengan gaya di rumah.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu apa itu pintu pivot dan keunggulannya bukan? Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan referensi untuk kita semua. Anda bisa loh menggunakan pintu baja merk Fortress.

Karena pintu yang satu ini menghasilkan kesan bagus untuk rumah. Fortress memiliki produk unggulan berupa pintu baja motif kayu yang sangat bagus. Sehingga nantinya pintu ini akan memberikan nilai estetika luar biasa untuk rumah Anda.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.