20 November 2023 11:36 am

Perbedaan Besi dan Baja yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Besi dan Baja yang Harus Anda Ketahui
Ternyata banyak sekali perbedaan besi dan baja yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui perbedaan ini, maka Anda akan memperoleh bahan yang tepat untuk kebutuhan bangunan dan rumah.

Kedua material ini memang sering digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, manufaktur, dan industri lainnya. Karena keduanya memiliki sifat dan ketahanan yang super oke ketimbang material lain.

Tak heran jika material tersebut kini telah dikembangkan juga untuk berbagai produk lain seperti teralis pintu dan produk pintu rumah. Namun Anda perlu memahami perbedaan keduanya agar nantinya mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Besi dan Baja yang Harus Anda Ketahui


Secara umum, besi cenderung lebih mudah berkarat, sedangkan baja memiliki sifat anti karat dan tahan terhadap udara lembab. Dari sini saja Anda sudah bisa menilai bahwa baja jauh lebih kuat ketimbang besi.

Masih penasaran baja dan besi lebih kuat mana? Nah dari segi kekuatannya memang jauh lebih kuat baj, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat tabel perbedaan antara material baja dengan besi

Properti
Baja
Besi
Kekuatan tarik
400-800 MPa
250-400 MPa
Kekuatan tekan
400-800 MPa
250-400 MPa
Kekuatan geser
200-400 MPa
125-200 MPa
Modulus elastisitas
200 GPa
200 GPa
Modulus geser
80 GPa
80 GPa

Selain dari segi kekuatan, terdapat juga beberapa perbedaan lain dari segi sifat material dan kegunaan bahan. Perbedaan ini perlu Anda ketahui agar nantinya bisa mempertimbangkan produk yang tepat, perbedaan antara besi dan baja antara lain:

1. Sifat Material


Secara umum material besi murni cenderung lebih rapuh daripada baja. Hal ini berarti besi dapat retak atau patah lebih mudah dalam kondisi tertentu. Walaupun besi kuat, tetapi tetap saja material logam ini memiliki kekurangan yang cukup fatal.

Baja memiliki campuran material lain seperti karbon, nikel, dan mangan. Hal ini tentu akan memberikan sifat yang unik dan jauh lebih kuat. Kekuatan baja dapat diatur melalui penambahan atau pengurangan elemen tertentu, sehingga bisa memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam berbagai proyek.

2. Kegunaan Bahan


Besi sering digunakan dalam proyek-proyek konstruksi besar seperti jembatan dan gedung pencakar langit. Kelebihan besi adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan baja. Sehingga banyak yang memanfaatkan material ini untuk proyek dengan budget yang terbatas.

Beda lagi dengan baja yang umumnya digunakan unttuk pembuatan kendaraan, bangunan tahan gempa, dan peralatan industri. Kekuatan dan ketahanan korosi pada baja membuatnya lebih dipilih untuk memperoleh ketahanan dan kekuatan dalam waktu yang lama.

Kesimpulan


Ternyata perbedaan besi dan baja sangat kontras sekali. Kedua material logam ini sangat berguna untuk berbagai kebutuhan dan industri. Anda dapat menggunakan material baja jika ingin memperoleh produk yang awet.

Salah satu produk pintu baja yang cukup kuat adalah pintu baja Fortress. Produk yang satu ini memungkinkan Anda mendapatkan keamanan dan kenyamanan maksimal di dalam rumah. Anda akan puas dengan produk tersebut dan nantinya bisa merasakan produk yang mampu melindungi keluarga.

Untuk mendapatkan pintu baja Fortress, Anda bisa menghubungi tim kami. Karena Fortress memiliki tim yang siap sedia memberikan layanan super ramah untuk keluarga Anda. Sehingga keluarga Anda bisa merasakan kepuasan saat berbelanja pintu baja.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.