20 April 2024 9:13 am

Kenali 8 Fungsi Pintu Rumah dan Bahan Pintu Secara Umum

Kenali 8 Fungsi Pintu Rumah dan Bahan Pintu Secara Umum
Setiap rumah tentu saja memiliki sebuah pengaman dan gerbang yang bernama pintu. Secara sekilas, fungsi pintu rumah memang untuk melindungi keluarga. Tetapi ternyata fungsinya tidak hanya itu saja loh.

Banyak sekali fungsi yang perlu Anda pertimbangkan, dengan demikian Anda dapat memanfaatkan produk pintu secara lebih maksimal. Pintu rumah sendiri merupakan sebuah produk sebagai gerbang utama menuju rumah.

Produk seperti ini biasanya memiliki tampilan yang keren dengan bahan utama dari kayu. Selain itu, di era sekarang ada juga yang menggunakan pintu berbahan logam seperti baja. Agar nantinya pintu tersebut dapat menjaga keluarga dengan aman.

Fungsi Utama Pintu Rumah Secara Umum


Penggunaan pintu rumah tentu saja memiliki fungsi tersendiri yang perlu Anda perhatikan. Dengan memahami fungsi ini, maka Anda bisa memperoleh informasi untuk lebih memanfaatkan produk pintu secara maksimal. Berikut kami telah merangkum beberapa fungsinya, antara lain.

1. Sebagai Akses Keluar Masuk


Pertama, pintu rumah memiliki fungsi dasar sebagai akses keluar masuk orang ke dalam rumah. Dengan adanya pintu, maka memungkinkan penghuni rumah untuk keluar maupun masuk dengan mudah dan nyaman. Akses ini tentu akan memberikan rasa keamanan yang lebih baik, karena pintu tersebut biasanya terbuat dari bahan yang kuat. Sehingga penghuni tidak akan kesulitan mengakses pintu namun tetap terlindungi.

2. Untuk Keamanan


Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, pintu rumah ini berguna juga menjaga keamanan keluarga. Dengan adanya pintu rumah, maka keluarga Anda bisa tetap aman dari ancaman binatang buas maupun orang jahat. Orang yang tidak berkepentingan tidak dapat masuk ke rumah Anda. Apalagi pintu juga dilengkapi dengan kunci, sehingga jauh lebih aman dan menenangkan.

3. Sebagai Sirkulasi udara


pintu rumah berbahan baja
pintu rumah berbahan baja

Rumah yang memiliki pintu biasanya terdapat ventilasi atau celah pintu. Nah celah pada pintu ini berguna sekali untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah agar tetap bagus. Apalagi jika pintu rumah dibuka, maka sirkulasi udara di rumah bisa tetap terjaga dengan baik. Hal ini dapat membantu menjaga ruangan tetap sejuk dan segar yang membuat Anda terasa nyaman.

4. Pengaturan Cahaya dalam Rumah


Produk pintu juga bisa berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Umumnya jendela dan pintu memiliki kaca maupun ventilasi yang memungkinkan cahaya dapat masuk ke dalam rumah. Tak heran jika di atas pintu biasanya terdapat jendela kaca atau ventilasi kecil. Gunanya tentu untuk menjaga cahaya ruangan agar tetap baik.

5. Menjaga Privasi


Fungsi pintu yang selanjutnya adalah untuk menjaga privasi penghuni rumah agar tetap lebih aman. Hal ini karena pintu dapat menutupi pandangan orang lain mengenai isi dalam rumah Anda. Sehingga privasi Anda bisa tetap terjaga dengan aman dan tentunya bisa lebih leluasa beraktivitas di dalam rumah.

6. Menahan Panas dan Dingin dari Luar


Pada zaman dahulu, pintu sangat berguna untuk melindungi keluarga dari panas terik dan udara dingin. Jadi panas maupun dingin tidak akan bisa masuk dan keluarga Anda bisa tetap aman. Dengan demikian maka pintu dapat membantu menghemat energi di rumah Anda.

7. Meredam Suara


Pintu yang tebal dan bagus biasanya memiliki fitur khusus untuk meredam suara dari luar ruangan. Dengan adanya fitur seperti ini, maka pintu Anda akan menahan suara secara maksimal. Anda tentunya tidak akan terganggu dengan adanya kebisingan yang ada di dalam rumah.

8. Sebagai Estetika


Pintu juga dapat menjadi elemen estetika yang mempercantik tampilan rumah. Produk pintu sekarang ini banyak yang menggunakan desain minimalis modern. Tentunya dengan adanya pintu seperti ini, maka rumah Anda juga akan terlihat lebih keren. Estetika rumah dapat terjaga dengan baik serta memberikan keindahan untuk Anda.

Beberapa Bahan Pintu Rumah yang Dapat Anda Gunakan


Pintu rumah bisa terbuat dari berbagai macam bahan yang bisa Anda pilih sendiri. Bahan tersebut tentu saja bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan di rumah. Berikut kami telah merangkum beberapa bahan pintu yang bisa Anda gunakan sebagai referensi, antara lain.

1. Kayu


Kebanyakan pintu rumah saat ini memiliki bahan dasar kayu, karena lebih kokoh dan tahan lama. Tetapi pintu kayu juga membutuhkan perawatan yang lebih banyak ketimbang pintu jenis lainnya. Karena pintu kayu bisa terkena rayap maupun terkena lapuk yang membuatnya cepat rusak.

2. Fiberglass


Selanjutnya ada material pintu yang terbuat dari bahan fiberglass. Bahan yang satu ini memungkinkan pintu jadi lebih ringan dan jauh lebih tahan terhadap cuaca. Hanya saja pintu fiberglass ini terasa kurang kokoh ketimbang kayu dan logam. Pintu fiberglass kurang cocok digunakan sebagai pintu utama, lebih baik Anda gunakan sebagai pintu kamar mandi atau pintu kamar.

3. Kaca


Berikutnya ada bahan kaca yang dipakai pada pintu toko, minimarket, dan kantor. Bahan kaca yang digunakan tentu sangat berbeda dengan kaca untuk jendela. Pintu kaca biasanya jauh lebih kuat karena memiliki ketebalan yang memadai dengan ketahanan terhadap cuaca yang cukup baik.

4. Baja


pintu baja
pintu baja

Terakhir ada material baja yang kini digunakan sebagai pintu rumah. Salah satu merk pintu yang menggunakan bahan baja adalah merk Fortress. Merk yang satu ini memiliki ketahanan yang bagus dan ketebalan plat pintu yang tebal. Pintu tersebut memungkinkan melindungi keluarga Anda dengan sangat aman.

Apalagi Fortress juga memiliki berbagai model pintu dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menyesuaikan model pintu dengan dekorasi yang ada di rumah. Kalau dari segi harga, pintu ini tidak terlalu mahal dari pintu kayu.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu apa saja fungsi pintu rumah? Anda juga tahu detail bahan pintu yang bisa Anda gunakan di rumah. Nah jika Anda mencari produk pintu, cobalah untuk menggunakan pintu baja Fortress.

Karena pintu ini jauh lebih bagus ketimbang pintu kayu atau pintu jenis lainnya. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda di rumah agar Anda memperoleh kenyamanan dan keindahan.
Blog Post Lainnya
FORTRESS
Produsen pintu baja terbaik dan nomor 1 di Indonesia dengan sistem keamanan lengkap untuk melindungi keluarga Indonesia
Alamat
Jl. Raya Binong No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
Social Media
@2024 pintubajafortress.com Inc.