22 Maret 2024 12:32 pm

Catat! Detail Bahan untuk Membuat Pintu Kayu yang Harus Anda Tahu

Catat! Detail Bahan untuk Membuat Pintu Kayu yang Harus Anda Tahu
Sudah tahu belum apa saja bahan untuk membuat pintu kayu? Anda tentu perlu mengetahui bahan tersebut agar nantinya Anda memperoleh tips dalam membuat pintu yang lebih bagus untuk rumah.

Pintu kayu sendiri merupakan sebuah produk pintu yang terbuat dari bahan kayu. Jenis pintu yang satu ini memiliki tampilan lebih minimalis dan klasik untuk rumah Anda. Karena warna alami kayu memungkinkan Anda memperoleh nilai estetika luar biasa.

Anda bisa membeli produk pintu kayu melalui produsen atau melalui pabrik pintu. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Bagi Anda yang penasaran, bisa menyimak informasi ini hingga selesai.

Beberapa Bahan untuk Membuat Pintu Kayu


Bagi Anda yang berniat membuat pintu rumah dari bahan kayu, tentunya perlu mempersiapkan bahan dan peralatan terlebih dahulu. Bahan ini mulai dari bahan kayu, bahan engsel, kunci, hingga peralatan yang nantinya kita gunakan. Berikut kami telah merangkum beberapa peralatan hingga bahan yang perlu Anda persiapkan:

1. Kayu


kayu
kayu

Pertama ada bahan kayu yang merupakan bahan utama dalam pembuatan pintu kayu. Anda perlu memilih kayu yang kuat agar nantinya pintu bisa lebih tahan lama. Misalnya saja Anda dapat menggunakan bahan kayu jati, merbau, kamper, mahoni, oak, cedar, hingga kayu pinus. Karena kayu tersebut cukup kuat dan sangat umum digunakan dalam pembuatan pintu. Namun sesuaikan kayu dengan karakteristik di wilayah masing-masing agar Anda memperoleh pintu yang lebih bagus.

2. Engsel


Selanjutnya ada bahan berupa engsel pintu yang menjadi komponen penting dalam pembuatan pintu. Sesuaikanlah jenis engsel yang kiranya pas dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja Anda dapat menggunakan engsel kupu-kupu, engsel sendok, dan engsel tanam. Silahkan sesuaikan engsel dengan berat dari daun pintu yang Anda miliki. Jika perlu gunakanlah engsel dengan bahan seperti besi, baja, kuningan, dan stainless steel agar nantinya engsel bisa tahan lama terpasang di rumah Anda.

3. Kunci


Alat dan bahan membuat pintu kayu yang bisa Anda gunakan adalah kunci pintu. Jenis dari kunci tentu cukup banyak sekali, misalnya seperti kunci mortise, kunci silinder, dan kunci grendel. Silahkan sesuaikan saja jenis kunci dengan kebutuhan Anda di rumah agar bisa lebih sesuai. Jangan lupa perhitungkan material kunci seperti besi, baja, kuningan, dan stainless steel agar nantinya jadi lebih aman dan tahan lama.

4. Bahan Pendukung


Berikutnya terdapat beberapa bahan pendukung yang tak kalah pentingnya, seperti paku, sekrup, dan lem kayu. Bahan ini berguna untuk menyambung bagian-bagian pintu agar nantinya bisa terasa lebih kokoh. Kemudian Anda juga bisa mempertimbangkan cat atau pernis agar nantinya daun pintu jadi terlihat lebih keren dan bagus.

5. Alat-alat untuk Membuat Pintu Kayu


  • Gergaji sangat berguna sekali untuk memotong kayu.
  • Ketam bisa kita manfaatkan untuk menghaluskan permukaan kayu.
  • Pahatan kayu berguna untuk membuat lubang dan ukiran pada kayu.
  • Palu dan bogem bisa kita manfaatkan untuk memukul paku dan sekrup.
  • Bor dan mata bor bisa kita gunakan untuk membuat lubang untuk engsel dan kunci.

Mau Pintu yang Lebih Simpel Tanpa Ribet? Gunakan Pintu Baja Fortress


pintu baja fortress
pintu baja fortress

Bagi Anda yang ingin membeli pintu tanpa ribet, cobalah untuk menggunakan produk pintu dari Fortress. Produk dari Fortress terbuat dari bahan baja yang sangat kuat serta memiliki paket penjualan lengkap.

Saat Anda membeli produk pintu ini, nantinya Anda akan memperoleh pintu secara lengkap dalam satu paket pembelian. Misalnya saja Anda akan memperoleh daun pintu, engsel, kusen pintu, handle, hingga kunci pintu.

Hal ini memungkinkan Anda tidak perlu ribet dan pusing membeli pintu secara terpisah. Karena Anda bisa beli pintu Fortress dan mendapatkan seluruh produk secara lengkap. Anda juga akan memperoleh kenyamanan serta merasa lebih hemat ketika menggunakan produk ini.

Fortress juga menghadirkan produk pintu baja yang memiliki tampilan super keren. Anda bisa memilih sendiri motif unggulan seperti urat kayu hingga motif black carbon yang terkesan garang dan keren sekali.

Silahkan pilih saja produk Fortress yang sesuai dengan kebutuhan di rumah Anda. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan tim kami agar nantinya Anda memperoleh detail produk yang bagus.

Kesimpulan


Sekarang Anda sudah tahu apa saja bahan untuk membuat pintu kayu? Bila tidak ingin ribet, mending gunakan pintu baja Fortress. Karena pintu yang satu ini memiliki kekuatan dan keamanan yang lebih ekstra.

Pintu Fortress memungkinkan Anda mendapatkan produk pintu secara lengkap dalam satu paket pembelian. Anda juga bisa memilih produk pintu yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing di rumah. Segera hubungi tim Fortress ya agar Anda mendapatkan keamanan yang mantap.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.