26 April 2024 4:04 pm

Inilah Alasan Adanya Larangan Tidur di Depan Pintu Menurut Jawa

Inilah Alasan Adanya Larangan Tidur di Depan Pintu Menurut Jawa
Pernahkah Anda mendengar rumor, mitos terkait larangan tidur di depan pintu menurut Jawa? Rumor tersebut ternyata masih dipercaya oleh sebagian orang di masa sekarang loh. Alasannya pun sangat beragam, bisa karena alasan logis hingga alasan mistis.

Pintu rumah sendiri menjadi sebuah pintu yang berguna untuk akses keluar masuk ke dalam ruangan. Dengan adanya pintu ini, maka rumah Anda bisa memiliki jalur akses yang menuju ke dalam rumah.

Beberapa Alasan Adanya Larangan Tidur di Depan Pintu Menurut Jawa


Dalam budaya Jawa, kita mungkin mendengar tentang larangan tidur di depan pintu. Ternyata ada beberapa alasan yang mendasari isu tersebut. Berikut kami telah merangkum beberapa alasan yang mendasarinya, antara lain:

1. Alasan Mistis


Pertama ada alasan mistis yang menjadi kepercayaan di masyarakat Jawa. Kepercayaan tersebut yakni karena mengganggu makhluk halus yang bisa masuk dan keluar rumah. Karena pintu berguna sebagai akses keluar masuk ruangan. Sehingga saat Anda tidur di pintu maka makhluk halus akan terganggu ketika melalui pintu tersebut.

Selain itu, larangan tidur di depan pintu menurut Jawa yakni karena adanya kepercayaan bahwa roh leluhur juga bisa kembali ke rumah. Ketika pintu rumah Anda terhalang maka roh leluhur akan terhambat untuk masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu muncul lah larangan untuk tidur di depan pintu.

2. Alasan Logis


Kalau alasan secara logis yakni ketika kita tidur di depan rumah maka akan menghalangi akses keluar masuk orang lain. Orang lain jadi kesulitan untuk masuk ke rumah kita ketika mereka hendak bertamu.

Selain itu, tidur di depan pintu juga jadi sangat rentan terhadap ancaman kriminalitas. Karena orang tak dikenal bisa saja masuk ke rumah kita tanpa sepengetahuan kita. Bahkan tidur di depan pintu juga mempengaruhi kesehatan tubuh. Nantinya tubuh kita akan mudah terpapar angin maupun debu, sehingga resiko terkena penyakit juga akan lebih besar.

3. Alasan Etika dan Tata Krama


Kalau dari segi etika dan tata krama, tidur di depan pintu tentu tidak sopan. Karena Anda berada di tempat yang menghalangi orang lain untuk bertamu ke rumah Anda. Selain itu, perilaku seperti ini juga dianggap sebagai tindakan yang tidak menghormati tamu yang datang.

Apapun Mitos dan Kepercayaannya, Pintunya Fortress Pintu Baja


Terlepas dari kepercayaan orang Jawa atau mitor yang beredar di masyarakat, Anda tetap perlu menggunakan pintu baja Fortress. Karena dengan menggunakan pintu Fortress, rumah Anda akan jauh lebih aman ketimbang memakai pintu biasa.

Fortress menghadirkan produk pintu berbahan plat baja murni tanpa sambungan. Sehingga pintu tersebut akan jauh lebih aman dan memberikan keamanan yang ekstra. Keluarga Anda akan terlindungi ketika menggunakan produk pintu seperti ini.

Pintu baja Fortress juga telah mendapatkan penghargaan Top Brand selama empat kali berturut-turut sejak tahun 2021 hingga 2024. Hal ini menandakan bahwa pintu Fortress sangat bagus dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Anda tidak akan menyesal menggunakan pintu Fortress, karena kami memiliki banyak sekali produk keren yang bisa Anda coba sendiri. Produk Fortress akan memberikan perlindungan serta nilai estetika pada rumah Anda.

Kesimpulan


Demikian pembahasan mengenai larangan tidur di depan pintu menurut Jawa. Pada dasarnya kepercayaan tetaplah kepercayaan. Anda boleh meyakini dan boleh tidak, yang terpenting jangan pernah merasa paling benar.

Karena yang paling benar adalah Anda menggunakan produk pintu baja Fortress. Ayo beralih ke pintu modern pengganti pintu kayu biasa. Dengan menggunakan pintu Fortress, Anda akan merasa jauh lebih aman dan tentram.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
(021) 5983652
+6281233888861
info@pintubajafortress.com
@2024 pintubajafortress.com Inc.